• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Kementerian LHK : 80 Persen Karhutla di Indonesia Faktor Kesengajaan

3 October
10:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kementerian Lingkungan Hidup menyatakan 80 persen Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia terjadi karena aktivitas pembakaran yang secara sengaja dilakukan oknum perusahaan perkebunan.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc pada  Festival Iklim 2019 yang berlangsung di Gedung Wahana Manggala Bhakti Kementerian LHK Kamis (3/10/2019).

Menurutnya, di tahun 2018 Pemerintah Pusat melalui BNPB mengalokasi dana 1 Trilun Rupiah khusus untuk memadamkan karhutla di Sumatera Selatan. Dr Ruandha menyatakan dana sebesar itu sesungguhnya bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih produktif salah satunya melalui pengendalian kebakaran hutan dan lahan berbasis masyarakat.

"Daripada untuk waterbombing, saat ini mari Kita di Festival Iklim ini merumuskan teknologi apa saja yang bisa dilakukan masyarakat supaya buka lahan tanpa membakar. Saya sampaikan ke BNPB daripada dananya untuk itu lebih baik dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarkat", ungkapnya saat membuka Talkshow.

Kementerian LHK menggelar Festival Iklim yang berlangsung tanggal 2-4 Oktober 2019 di Jakarta. Tahun ini Festival Iklim mengambil tema "Emisi Turun, Indonesia Maju, Berketahanan Iklim".

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00