• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

13 dari 19 Puskesmas di Kubar Sudah Terakreditasi

17 September
10:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Untuk menjamin perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas), diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal menggunakan standar yang ditetapkan, melalui mekanisme akreditasi. 

Dengan tujuan, untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja, melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko.

Upaya Akreditasi inilah yang terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) sejak tahun 2016 hingga tahun 2019 ini. Demikian dikatakan, Kasubag Perencanaan Program dan Keuangan Dinas Kesehatan yang juga salah satu Tim Pendamping Akreditasi Puskesmas Kabupaten Kutai Barat, Weda, saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Selasa (17/9/2019).

Kurun waktu tiga tahun terakhir, lanjut Weda, sudah ada 13 dari 19 Puskesmas di Kutai Barat yang sudah terakreditasi, masing-masing 5 Puskesmas ditahun 2017 dan 8 Puskesmas ditahun 2018.

“Untuk gambaran akreditasi Puskesmas di Kutai Barat, kita punya Roadmap mulai dari tahun 2016 sampai tahun 2019. Jadi tahun 2016 ada lima puskesmas dan berhasil lulus terakreditasi tahun 2017. Kemudian tahun 2017-2018 itu ada delapan Puskesmas, jadi sampai ditahun 2019 itu kita ada 13 Puskesmas yang sudah terakreditasi, ada yang Dasar ada yang Madya,”lanjutnya.

Seusai Roadmap, atau dokumen strategi pemandu dan perencanaan pelaksanaan Akreditasi Puskesmas Dinas Kesehatan Kubar, tambah Weda, ditahun 2019 ini, masih ada 6 Puskesmas yang tersisa untuk dilakukan berbagai tahapan penilaian menuju proses akreditasi yang ditargetkan pada tahun 2020 mendatang.

Weda menyebutkan, ke-13 Puskesmas yang sudah terakreditasi di Kubar yakni, Puskesmas Kecamatan Barong Tongkok, Puskesmas Kecamatan Sekolaq Darat, Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung, Puskesmas Kecamatan Melak, Puskesmas Muara Kedang Kecamatan Bongan, Puskesmas Kecamatan Muara Pahu.

Kemudian Puskesmas Penyinggahan, Puskesmas Dempar Kecamatan Nyuatan, Puskesmas Besiq dan Damai Kecamatan Damai, Puskesmas Belusuh Kecamatan Siluq Ngurai, Puskesmas Lambing Kecamatan Muara Lawa, dan Puskesmas Kecamatan Tering.

Sementara yang terakreditasi Madya ada 5 Puskesmas, yakni Puskesmas Barong Tongkok, Puskesmas Sekolaq Darat, Puskesmas Besiq dan Damai di Kecamatan Damai serta, Puskesmas Lambing Kecamatan Muara Lawa. Sisa-ya terakreditasi dengan status Dasar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00