• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Kabut Asap Hentikan Semua Penerbangan Di Samarinda

16 September
14:11 2019
0 Votes (0)


KBRN, Samarinda : Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Kalimantan Barat dan Tengah berimplikasi pada cuaca serta jadwal penerbangan di Benua Etam khusunya di Ibukota Provinsi Kalimantan Timur yang harus ditutup dan dialihkan di Bandara Sepinggan Balikpapan.

 

“Saya dengar di Samarinda bahkan penerbangan ditutup ini karena kita ini dapat kiriman asap dari Kalteng dan Kalbar,” Ungkap Gubernur Kaltim Isran Noor Di Kantor Bank Indonesia Usai menyaksikan Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tutuk SH Cahyono di Samarinda Senin (16/9/2019).

 

Menurutnya, bencana tidak dapat ditolak sehingga Gubernur Isran minta semua pihak untuk dapat lebih berhati-hati, jaga kesehatan dan waspadai penyakit ispa dan diare .

 

“kita tunggu saja mudah-mudahan cuaca membaik , kepada warga ya waspada hati-hati di jalan gitu kan,” Tandas Isran.

 

Seperti diketahui, bencana kabut asap di Kabupaten Berau tampaknya menjadi yang terparah di Kaltim. Bupati Berau Muharram bahkan sampai mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah. Sebelumnya, BMKG Berau sudah menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau. Penerbitan peringatan dini cuaca ekstrem di Kabupaten Berau ini berlaku selama 4 hari, tepatnya 14-17 September 2019 dan akan diperbaharui apabila terjadi perubahan.


Sementara itu, Walikota Samarinda Syaharie Jaang menginstruksikan agar seluruh OPD, Camat, Lurah dan Sekolah di Kota Samarinda melakukan doa minta hujan saat apel Senin (16/9/2019) hari ini. Hal ini untuk mengantisipasi kabut asap yang kian parah. Kepada Warga Jaang bahkan minta jika tidak terlalu penting untuk jangan keluar rumah kendati harus beraktifitas tetap gunakan masker. (etha)



tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00