• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

DPR RI Resmi Bentuk Pansus IKN, Legislator Kaltim akan Kawal Isu Daerah

16 September
14:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta    : DPR RI resmi membentuk Panitia Khusus (Pansus) tentang pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur. Pansus tersebut disahkan dalam rapat paripurna DPR RI Senin (16/9/2019) Siang sebagai respon dari surat yang dilayangkan Presiden Joko Widodo ke DPR terkait rencana pemindahan Ibukota Negara ke wilayah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara di Provinsi Kaltim.

Menanggapi hal ini Anggota DPR RI dapil Kaltim Hetifah Sjaifudian kepada RRI mengaku akan mengawal isu-isu krusial terkait pemindahan Ibukota Negara serta memastikan DPR RI memberikan dukungan terhadap rencana ini. Politisi senior Golkar tersebut tidak memungkiri pasca pengumuman IKN 26 Agustus lalu cukup banyak pihak yang ingin menggagalkan keputusan Presiden.

Untuk itu melalui Pansus ini Hetifah berharap agar DPR RI mempertimbangkan kondisi Kaltim yang sangat siap menjadi IKN.

“Kita juga mengajak masyarakat Kaltim ayo kita menunjukkan kesiapan itu melalui berbagai cara yang positif sebab Kami meyakini dengan penunjukkan Kaltim sebagai IKN maka kemajuan pembangunan akan semakin dirasakan rakyat di Pulau Kalimantan”, ungkap Hetifah.

Sementara itu Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali menegaskan pansus ini merupakan pansus pengkajian sehingga yang akan dibahas bukan terkait Undang-undang melainkan mengkaji hasil kajian pemerintah serta sikap DPR terhadap kajian pemerintah tersebut.  Pansus pengkajian tentang pemindahan ibu kota beranggotakan sedikitnya 30 orang yang akan bekerja hingga 30 September mendatang. Bila hingga 30 September pansus belum selesai bekerja maka akan dilanjutkan dengan Legislator di periode berikutnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00