• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

52 Ribu Bangunan di Berau Tak Miliki IMB

16 September
11:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Berau   : Pemerintah Kabupaten Berau mencatat dari total 64 ribu bangunan warga yang ada hanya 12 persen bangunan saja yang mengantongi Izin Mendirikan Bangunan atau IMB. Sementara 88 persen sisanya diketahui tidak mengurus IMB.

Wakil Bupati Berau Agus Tamtomo kepada RRI mengatakan Pemda mensinyalir 88 persen warga Berau pada saat membayar Pajak Bumi Bangunan PBB hanya melakukan pelunasan terhadap nilai tanah dan tidak menyertakan bangunan.

Pemkab Berau menegaskan mulai tahun ini pihaknya akan fokus melakukan optimalisasi pendapatan dari item PBB yang diyakini memiliki potensi penghasil PAD mencapai miliaran rupiah.

“Kalau 200 ribu saja per bangunan, maka PAD yang bisa kita dapatnya mencapai miliaran rupiah juga”, ungkapnya kepada RRI Senin (16/9/2019).

Untuk itu strategi yang diterapkan Pemda Berau ialah dengan menggandeng Ketua RT untuk aktif melakukan pendapatan bangunan dari setiap warga terutama saat mengantar formulir penagihan pajak kepada warga. PAD dari PBB yang berhasil terkumpul menurut Wabup akan dinikmati kembali oleh warga Berau melalui pembangunan yang menyentuh langsung kepada kepentingan masyarakat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00