• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Pemohon Suket Melonjak Kecamatan Bumiayu Tingkatkan Layanan Paten

3 July
16:10 2017
0 Votes (0)

KBRN, Brebes : Usai liburan Idul Fitri 1438 H, Kantor Kecamatan Bumiayu pada Senin (3/7/2017) pagi 'diserbu' oleh warga. Di dalam Ruang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), para warga mendatangi Kantor Kecamatan untuk mengurus adminstrasi yang didominasi perpanjangan Surat keterangan (Suket) pengganti sementara KTP Elektronik (KTP-e).

Camat Bumiayu Urip Rosidik menuturkan, bila diprosentasekan jumlah warga yang datang ke kecamatan, 50 persen lebih merupakan pemohon suket. Sisanya, kata dia, mengurusi administrasi seperti Kartu Keluarga (KK) dan lain-lainnya.

Kendati demikian, kata Urip, kecamatan sudah mengantisipasi adanya peningkatan animo warga tersebut. Pasalnya, situasi ini memang sudah menjadi siklus tahunan. Untuk itu pihaknya juga sudah meningkatkan pelayanan di Paten.

"Sudah kita prediksikan (lonjakan pemohon). Sehingga kita sudah siapkan dengan peningkatan pelayanan dengan petugas cadangan di Paten,"katanya kepada RRI.

Salah satu petugas Paten Kecamatan Bumiayu, Amin mengaku animo pemohon Suket mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari perbandingan jumlah pemohon di hari-hari biasanya hanya 30 pemohon saja. Namun untuk sekarang sampai 100 lebih pemohon.

"Apabila dibandingkan Dari Mei sampai Juli 2017, memang ada kenaikan sampai tiga kali lipat. Didominasi oleh warga yang ingin merantau. Karena masa berlaku Suket yang hanya enam bulan, membuat warga segera mengurusnya,"ujarnya.(sul)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00