• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Membangkitkan Perekonomian Daerah Potensi Wisata Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus

13 February
07:19 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah  terus mendorong aktifitas pemanfaatan kekayaan ekonomi, keberdayaan sumber daya manusia, akumulasi ilmu pengetahuan teknologi, dan tumbuh kembangnya inovasi masyarakat melalui pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata , sebagai upaya mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat.    

Potensi wisata yang ada didaerah akan diusahakan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan dan pertumbuhan ekonomi dengan mengedepankan semangat dan kerjasama yang sinergis antara pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat, agar bersama dapat membangun daya saing yang berkelanjutan. Dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus ini, Kementerian  Pariwisata  menargetkan merealisasikan 100 kawasan ekonomi khusus pariwisata di seluruh Tanah Air hingga 2019.  

Melalui kewenangan pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus , kawasan wisata seperti di Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat diharapkan dapat dijadikan contoh dalam mempercepat laju pembangunan ekonomi daerah , dengan kemudahan pengurusan perijinan investasi secara khusus melalui pembentukan Administrator Kawasan Ekonomi Khusus. dan pemberian sejumlah fasilitas  kawasan.
   

Tujuan mengurangi kesenjangan sosial ekonomi masyarakat, kesenjangan antar wilayah,dan membangun daya saing perekonomian nasional  dengan pemberian kemudahan dan sejumlah fasilitas, perlu diikuti dengan prinsip kehati hatian, sebab jika terjadi penyalah gunaan , jelas tujuan tidak akan tercapai.
     

Jika kita simak fasilitas yang disediakan bagi investor seperti halnya PPh Badan, pembebasan PPh Pasal 22 impor, fasilitas PPN dan PPnBM, fasilitas bea masuk dan cukai, fasilitas kegiatan utama pariwisata, fasilitas lalu lintas barang, fasilitas ketenagakerjaan, keimigrasian, pertanahan , perizinan dan non perizinan kiranya ini semua cukup mengundang perhatian calon investor.   Tinggal bagaimana menggerakkan masyarakat di sekitar kawasan untuk sadar wisata, dengan menyediakan fasilitas lain yang bernilai ekonomis dan menguntungkan, seperti halnya penyediaan sarana sanitasi MCK, kuliner dan lain sebagainya.
.    
Semoga saja paket paket kebijakan ekonomi pemerintah, seperti halnya kredit usaha rakyat – KUR benar benar  dimanfaatkan untuk mendukung gerakan ekonomi rakyat, yang mampu mengurangi kesenjangan ekonomi rakyat.
   




*Sumber Foto : Google*



Tentang Penulis

Agung Susatyo

Redaktur Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00