• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Kebakaran di Kantor Kementerian Perhubungan

9 July
07:32 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pada saat jelang shubuh kemarin, sejumlah lantai gedung kementerian perhubungan dilalap api. Hampir sekitar pukul 04.00 wib, api melahap sejumlah material di dalam gedung Karya hingga menimbulkan tiga orang tewas dan beberapa kerusakan lainnya. Satu pegawai Kemenhub yang kerap tidur di kantor dan dua pekerja kontraktor tewas akibat asap yang mengepul sangat pekat di ruang tersebut. Dua puluh orang lainnya selamat.

Pada saat hari yang sama di Jakarta ahad kemarin, tepatnya di kawasan Utan Kayu, Jakarta Timur, juga terjadi kebakaran. Kawasan yang dilanda api adalah permukiman penduduk di kawasan tersebut. Sama - sama kebakaran, namun dari segi bobot, maka kebakaran di kantor Kementerian Perhubungan dan kebakaran di rumah gadang harus dibedakan. Gedung karya adalah kantor instansi pemerintah dengan segala dokumen kerahasiaan. Sedangkan di utan kayu adalah kebakaran individual.

Persoalan korban tewas tentu sangat penting, akan tetapi lokus dari kebakaran tetaplah menjadi perhatian serius. Kantor Kementerian Perhubungan, jelas berhubungan dengan kerja aparatur pemerintah di bidang perhubungan. Kebakaran tersebut tidak dapat diremehkan sebagai sekedar kobaran api yang berhasil dipadamkan. Akan tetapi, ini terkait dokumen negara. Sudah lama ada informasi bahwa pekerja OB atau konstruksi atau pegawai tertentu sering tidur di kantor. Mungkin saja Ini sebenarnya memberi manfaat bagi instansi tersebut. Akan tetapi sejatinya, kantor Kementerian Perhubungan , dan kantor Kementerian harusnya steril dari pekerja yang tidur di kantor.

Ingat, ini adalah kantor instansi pemerintah. Bisa saja, ada dokumen rusak atau hilang, dan merupakan tanggung jawab pimpinan kantor. Karena itu, para pengelola kantor pemerintah harusnya lebih hati hati lagi. Apalagi ke depan, sejak agustus sudah ada pengajuan registrasi calon presiden. Tahun politik siap dilaksanakan.

Bagi instansi pemerintah, bukan saja di Kemenhub, maka harus ada perhatian serius atas bencana kebakaran. Sebab, kebakaran itu sangat rentan dimasuki orang orang terentu yang dapat memanfaatkan hal strategis dan penting. Sekali lagi, tanpa mengabaikan peristiwa di tempat lain, maka upaya pengelolaan gedung pemerintah harus lebih diperhatikan.

Tahun depan adalah tahun politik, banyal hal dapat terjadi. Karena itu, menjaga dan mengamankan dari segi pengelolaan adalah mutlak.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00