• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Memastikan Bali tetap jadi lokasi Pertemuan IMF-World Bank, walau terjadi Erupsi Gunung Agung

4 July
00:24 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Rencana pertemuan IMF-World Bank yang akan berlangsung di Bali tanggal 8 sampai 14 Oktober tahun ini menghadapi sedikit kekhawatiran akibat kembali terjadi erupsi Gunung Agung.

Kekhawatiran yang paling utama tentunya berhubungan dengan gangguan penerbangan  yang berasal dari berbagai negara dan pendaratan pesawat di Bandara Ngurah Rai.

Jika dilakukan pemindahan lokasi pertemuan IMF-World Bank, nampaknya juga sangat sulit dilaksanakan, karena sisa waktu yang sangat  pendek, selain  lokasi lain hanya Jakarta yang memungkinkan untuk menampung dan menangani event internasional dengan ribuan peserta dari seluruh dunia.

Harapannya tentu agar  pelaksanaan dan persiapan event IMF-World Bank yang sudah mendekati final di Bali tetap berlangsung di Bali  dengan lancar.

Oleh sebab itu, mari kita  berdoa agar letusan Gunung Agung berhenti dan tidak akan mengganggu pertemuan akbar yang akan dihadiri oleh sekitar 15.000 peserta dari 189 negara.

Dapat kita bayangkan bahwa sampai saat ini sudah dibooking 4.000 kamar dari 21 hotel di kawasan Nusa Dua dan sekitarnya.

Menurut Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani bahwa World Bank dapat memaklumi kondisi tersebut, karena  gunung meletus merupakan faktor alam yang sulit untuk ditebak. 

Yang terpenting sekarang adalah bagaimana kita bisa menunjukkan kesiapan logistik, akomodasi,  lokasi, lalulintas dalam perjalanan peserta,  keamanan hingga kemungkinan melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu dalam pertemuan tahunan para pengambil kebijakan keuangan dunia tersebut.

Oleh sebab itu, mari kita bangun optimisme  bahwa  sama  sekali tidak ada keraguan tentang kesiapan Indonesia,  karena ini menjadi momentum  yang sangat luar biasa  untuk mempromosikan Indonesia. 

Pemerintah telah menyiapkan anggaran rp 810 Miliar untuk pelaksanaan event tahunan yang juga akan dihadiri oleh 23 kepala negara.  Jumlah anggaran tersebut jauh lebih kecil dibandingkan penyelenggaraan pertemuan tahunanan IMF-WB di Turki, Singapura dan Jepang.

Dari sisi keamanan, POLRI menyiapkan  enam ribu Polisi Amankan Lokasi Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia,  mengamankan situasi, ditambah kekuatan TNI dan unsur-unsur lain. Termasuk untuk menjaga kemungkinan jika Gunung Agung kembali erupsi.

Jika kembali terjadi  erupsi Gunung Agung pada bulan Oktober, maka bagaimana  kita  pastikan bahwa arah angin pada Oktober nanti tidak akan mengarah ke bandara Ngurah Rai, sehingga tidak mengganggu  penerbangan peserta dari berbagai negara.

Kita mesti dapat   memastikan kesiapan mulai dari urusan bandara,  tempat pertemuan, akomodasi termasuk acara dan fasilitas pendukung yang diperlukan dalam rangka menyukseskan pertemuan tahunan ini.

Langkah ini dilakukan  bagaimana memenuhi harapan Presiden Joko Widodo   agar semua  aspek dipersiapkan secara matang, sehingga  Indonesia sebagai tuan rumah sukses menyelenggarakan event besar membahas berbagai isu  ekonomi dunia terkini.

Tentang Penulis

Ida Bagus Alit Wiratmaja

Redaktur Senior

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00