• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Indonesia harus mampu memainkan peran lebih di kawasan ASEAN

13 January
20:09 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association South East Nations (ASEAN) sudah berusia 50 tahun tenyata tidak mudah untuk mewujudkan satu kohesi dari seluruh negara tersebut. Anggota ASEAN memang meluas dibandingkan saat pertama kali didirikan pada deklarasinya di Bangkok tanggal 8 Agustus 1967.

Secara elementer negara-negara Asia Tenggara memiliki akar rumput yang sama yakni berasal dari suku-suku bangsa Yunan atau China Selatan, ada satu kesamaan pandangan bahwa bangsa-bangsa di kawasan Asia ini ingin memiliki satu semangat bersama guna memajukan wilayah mereka pada saat itu yag baru saja merdeka, namun seiring dengan waktu, upaya untuk meningkatkan kohesi tersebut belum tuntas.

Terdapat perasaan yang belum sama dari para pemimpin negara-negara tersebut, salah satu yang paling misterius adalah aspek hukum yakni persoalan ekstradisi. Ketentuan ekstradisi memungkinkan seseorang dari satu negara ke negara lain dapat dikembalikan ke negara asal untuk menjalani hukuman sesual sistem hukum yang ada.

Singapura adalah salah satu negara yang paling tidak mau terlibat dalam kesepakatan ekstradisi ini. Sejumlah negara khususnya Indonesia seringkali diharapkan mampu menyelesaikan masalah tertentu di Singapura. Wakil Presiden Yusuf Kalla termasuk yang pernah mengungkap ketidakmauan Singapura.

Terkait Singapura, negara ini juga pernah keberatan degan caranya sendiri ke pemerintah Indonesia ketika melaksanakan program Repatriasi dan program Pengampunan Pajak.

Di bidang  ekonomi, masih banyak kekurangan, mata uang rupiah misalnya tidak begitu mudah untuk ditukar di sejumlah negara Asean sejatinya ada kemudahan dalam pertukaran mata uang rupiah pada masing-masing negara. Persoalan ilegal loging an ilegal fishing masih menjadi persoalan serius di negara-negara Asean. Memasuki tahun ketiga, masyarakat ASEAN masih belum memiliki kesamaan yang sama dalam arti luas, karena itu pekan lalu diresmikan pencanangan pembanguan Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta oleh Menteri Retno LP Marsudi, harapannya negara ASEAN benar-benar memiliki kohesi yang kuat.

Indonesia sendiri sejatinya harus mampu memainkan peran besar di dalam ASEAN ini, harus mampu meraih negara-negara ASEAN lainnya kedalam satu kohesi yang lebih kuat. Pencanangan pembangunan gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta dapat menjadi momentum untuk itu.  

(Sumber foto : akuratnews.co)

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00