• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden : Urusan Sampah Dikawasan Wisata Harus Bisa Diselesaikan

21 November
14:20 2019
1 Votes (5)

KBRN,  Jakarta : Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) dengan topik pengembangan destinasi prioritas pariwisata di Kantor Presiden,  Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Pada kesempatan itu,  Kepala Negara menginstruksikan jajaran kementeriannya untuk membereskan persoalan sampah di kawasan wisata yang banyak dikeluhkan wisatawan.

" Masalah kebersihan tolong dimulai kementerian terkait. Urusan sampah, plastik, yang betebaran di kawasan wisata benar-benar harus bisa diselesaikan. Mungkin kita konsen dulu pada Labuan Bajo, Mandalika, Toba, Manado, dan Borobudur," kata Jokowi saat membuka ratasnya. 

Jokowi juga memerintahkan jajaran pembantunya untuk bergerak cepat mengejar ketertinggalan dengan negara lainnya dari sektor pariwisata guna meningkatkan devisa negara. 

" Kita harus bergerak cepat karena sudah berkejar-kejaran dengan negara lain dan sektor pariwisata harus menjadi motor peningkatan devisa, peningkatan multiplier effect yang mendorong pertumbuhan ekonomi kita," tegas Jokowi. 

Presiden juga kembali mengingatkan lima hal yang perlu dibenahi dalam percepatan pengembangan destinasi pariwisata, diantaranya pengaturan tata ruang di kawasan pariwisata serta akses menuju ke kawasan wisata guna memudahkan wisatawan.

" Pertama, pengaturan tata ruang yang masih perlu kita tata lagi untuk kawasan pariwisata prioritas, kedua akses. Saya berikan contoh misalnya Labuan Bajo yang nanti akan dikerjakan KemenPUPR dan Kemenhub yang kita harapkan selesai semuanya. Kementerian Perhubungan memperpanjang runway, mengembangkan terminalnya, PUPR membangun jalan akses menuju tempat wisatanya termasuk juga memperbaiki kawasan baik itu pelabuhan atau tempat-tempat untuk mempermudah wisatawan datang ke tujuan," kata Jokowi. 

Jokowi juga meminta Kementerian Pariwisata untuk secara totalitas menyusun calendar of event untuk mengundang lebih banyak turis asing. 

"Saya kira kita juga harus sentuh masalah kostum, pakaian adatnya, kemudian calendar of event, kemudian yang berkaitan dengan event besar atau annual event-nya. Saya kira ini penting sekali, dan keempat kita melakukan promosi wisata besar-besaran," katanya.

Khusus untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jokowi memberi tugas untuk memperbaiki kualitas lulusan SMK di daerah yang memang memiliki potensi besar di sektor pariwisata. Jokowi minta Mendikbud Nadiem Makarim untuk lebih mendorong SMK di titik-titik unggulan pariwisata untuk menitikberatkan jurusan pariwisata. (RH) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00