• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Kepincut Indahnya Kota Surabaya, Jakarta Siap Tanam Tabebuya

19 November
17:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Keberhasilan Kota Surabaya mengembangkan Bunga Tebabuya dari Brasil, membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berminat mengikuti jejak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang memperindah kota dengan kehadiran Tabebuya. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kehutanan DKI rencananya akan menjadikan lokasi penggusuran di Sunter, Jakarta Utara, sebagai area penanaman Tabebuya yang kerap disebut sebagai replika Bunga Sakura nan indah dari Jepang.

"Rencananya kami akan tanam tabebuya kuning di sepanjang jalan ini (Jalan Sunter Agung Perkasa VIII). Jarak antar pohon sekitar lima meter," kata Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara Putut Widya Martata, kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Dinas Kehutanan bekerja sama dengan beberapa dinas lain. Dinas Kehutanan akan menanam beberapa pohon lain di lokasi saluran air Pengubung (PHB) Gedong. Dan sekarang ini masih melakukan penebangan pohon terlebih dulu. Nanti setelah itu, penataan akan dilakukan untuk menanam pohon bunga tebebuya. 

Bekerja sama dengan Sudin Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Kehutanan DKI sedang melihat lahan kosong mana saja di Jakarta untuk dijadikan media tanam. Karena tak hanya menanam tabebuya kuning saja, akan tetapi juga segala jenis tanaman yang cocok menggunakan pot sebagai media tanam.

"Penanaman bertujuan untuk mengurangi dampak polusi udara di sekitar jalan tersebut. Jenis tanamannya yang menyerap polutan dan berbunga sehingga lebih terlihat indah dipandang," imbuhnya.

Seperti diketahui, penggusuran terjadi di Jalan Sunter Agung Perkasa VIII, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Obyek yang digusur adalah bangunan dan tempat usaha warga. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menyebut penggusuran bangunan liar di Jalan Sunter Agung Perkasa, Tanjung Priok adalah demi menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas banjir. 

BACA JUGA: Tabebuya Bermekaran, Surabaya Terasa Jepang

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Kota Surabaya memang menuai banyak pujian dari segi keindahan dan estetika setelah sukses menanam pohon Bunga Tebebuya yang disebut sebagai replika Bunga Sakura nan indah dari Jepang.

Kota Surabaya terasa seperti Negeri Matahari Terbit Jepang, dalam beberapa hari ini. Pasalnya, bunga Tabebuya bermekaran di beberapa titik jalan Kota Pahlawan. Warna pink dan putih, menyerupai bunga Sakura.

Dari hasil pantauan, tampak sepanjang sisi barat Jalan A. Yani, Surabaya, khususnya frontage road sisi barat, tampak bunga Tabebuya bermekaran dan sesekali berguguran terkena hembusan angin.

Mekarnya bunga Tabebuya ini cukup menarik perhatian para pemburu foto, baik untuk diabadikan sendiri, maupun sekedar berselfie ria. Beberapa tahun belakangan, bunga ini menarik perhatian, setelah diketahui mirip dengan bunga Sakura.

Anto, salah satu warga Kota Surabaya mengaku Kota tercintanya ini terasa seperti negara Jepang.

"Serasa saya berada di Jepang dengan bunga Sakura yang indah," kata Anto kepada RRI, Selasa (19/11/2019).

Pria yang sehari-hari menjadi pewarta di salah satu media online lokal wilayah Jatim ini mengaku, bunga Tabebuya yang bermekaran ini mengingatkannya saat ke Jepang dua tahun lalu.

"Mengingatkan saya ke Jepang pada 2017," ujar Anto.

Anto memuji bunga yang ditanam pada masa kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini. 

"Tabebuya nggak kalah keren dengan Bunga Sakura," tambahnya.

Tabebuya adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil. Tanaman ini memiliki bunga yang berbeda-beda warna. Saat ini yang banyak dikenal adalah putih, merah muda, kuning, kuning jingga, magenta, plum dan merah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00