• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Panjat Pinang Monyet Tingkatkan Pengunjung Goa Kreo di Semarang

20 October
14:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Menginjak penghujung tahun 2019 pengelola wisata Goa Kreo Semarang optimis dapat mencapai target   pendapatan yang telah ditetapkan. Tercatat hingga bulan Oktober 2019 omzet Goa Kreo telah mencapai 90 % dari yang ditetapkan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Goa Kreo Mamit Sumitra ketika ditemui RRI, Minggu (20/10/2019).

Menurutnya, berbagai event dihari libur nasional dan akhir pekan berperan besar dalam mendatangkan wisatawan. Seperti dicontohkan ketika hari biasa jumlah pengunjung dalam sebulan sekitar 10 ribu, namun jika pada libur nasional dapat naik tiga kali lipat.

"Per 1 Oktober 2019 tercatat kunjungan wisatawan ke Goa Kreo sekitar 131 ribu atau tinggal 10 persen dari yang ditetapkan. Padahal tahun ini masih 2 bulan lebih, selain itu kami masih mempunyai event akhir tahun," ujarnya.

Mamit juga menambahkan, semenjak mengelola destinasi wisata Goa Kreo Semarang, dirinya menambah atraksi panjat pinang kera setiap hari minggu. Dikatakan atraksi tersebut ikut mendongkrak jumlah pengunjung pada akhir pekan.

"Beberapa kelompok dan komunitas masyarakat setelah melihat panjat pinang monyet meminta untuk diadakan kembali atraksi serupa dihari tertentu. Padahal kami hanya menampilkan dihari Minggu," imbuhnya.

Di sisi lain terkait perawatan sekitar 300 monyet yang berada di Goa Kreo pada musim kemarau panjang, Mamit menyatakan tidak ada kendala. Dijelaskan, pihaknya setiap hari rutin memberi makan monyet berupa jagung, timun dan ketela yang dipotong kecil-kecil.

"Kami rutin berikan makanan agar monyet di Goa Kreo tidak mencari makan di rumah warga," tegasnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Syarif Hasan Salampessy

    Redaktur Puspem LPP RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00