• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Akhirnya Bamsoet Resmi Ketua MPR RI Secara Aklamasi

3 October
21:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Akhirnya, tanda-tanda alam dan kebiasaan Golkar yang selalu mendapatkan apa yang diinginkan menjadi kenyataan. Politisi Partai Beringin, Bambang Soesatyo atau karib disapa Bamsoet resmi menduduki kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Dalam Sidang Paripurna MPR yang berlangsung malam ini, Bamsoet terpilih secara aklamasi melalui musyawarah dan mufakat. Sesudah itu, Bamsoet yang terus tersenyum menghampiri seseorang usai bersalaman dengan sejumlah anggota DPR RI. Siapakah dia?

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, dia yang disambangi Bamsoet. Kepada Airlangga, dirinya mengucapkan terima kasih atas ketepatan janji untuk membawanya ke kursi MPR-1. Mantan Ketua DPR RI itu memeluk Airlangga ,mengkap dengan cipika-cipiki.

"Kepada ketua umum saya, Pak Airlangga, terima kasih," ujar Bamsoet sambil tak henti tersenyum di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). 

Bamsoet dan Airlangga sebelumnya sempat bersitegang memperebutkan kursi calon Ketua Umum Partai Golkar. Namun perdamaian langsung terjadi, komitmen bersambut janji, sampai akhirnya kursi panas MPR-1 jatuh ke wakil Golkar, yakni Bambang Soesatyo.

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, kemenangan ini memang sudah tercium sejak MPR tadi malam mulai menggelar Sidang Paripurna membahas berbagai hal, ditutup dengan pemilihan dan penetapan sebanyak 10 Pimpinan MPR periode 2019-2024, yang terdiri dari satu Ketua dan sembilan Wakil Ketua. Paripurna sudah berlangsung di Gedung MPR/DPR  Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019), sejak pukul 19.40 WIB.

BACA JUGA: Menebak Penghuni MPR-1, Congratulazioni Benvenuto Bamsoet?

Berdasarkan tata tertib (tatib) yang berlaku untuk pemilihan pimpinan MPR, tiap fraksi DPR dan kelompok DPD berhak mengajukan satu nama. Dan sekarang mereka semua menyerahkan daftar nama.

Hingga kini, dua nama menguat sebagai kandidat kursi panas MPR-1, yakni Bambang Soesatyo atau karib disapa Bamsoet dari Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. Bamsoet mendapat mandat dari Ketum Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi Ketua MPR, dan Muzani juga mendapat mandat yang sama dari Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

Sementara untuk calon terkuat sepertinya mengerucut ke Bamsoet, karena dalam proses lobi-lobi yang dilakukan Golkar, akhirnya berhasil menjamin suara kelompok DPD RI dan semua fraksi DPR untuk melabuhkan suara bagi mantan Ketua DPR RI tersebut sebagai Ketua MPR.

Sedangkan Ahmad Muzani dan Partai Gerindra? Sudah ditinggalkan koalisinya. Jika Bamsoet berhasil maju sebagai MPR-1, sama saja ia cuma 'pindah kursi' saja. Dari Ketua DPR RI ke kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Dan dengan keadaan koalisi yang sudah berat sebelah, apakah harus memberi selamat kepada Bamsoet sejak awal? Ataukah ada kejutan dari Muzani?

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00