• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Menebak Penghuni MPR-1, Congratulazioni Benvenuto Bamsoet?

3 October
20:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : MPR malam ini sudah mulai menggelar Sidang Paripurna membahas berbagai hal, ditutup dengan pemilihan dan penetapan sebanyak 10 Pimpinan MPR periode 2019-2024, yang terdiri dari satu Ketua dan sembilan Wakil Ketua. Paripurna sudah berlangsung di Gedung MPR/DPR  Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019), sejak pukul 19.40 WIB.

Berdasarkan tata tertib (tatib) yang berlaku untuk pemilihan pimpinan MPR, tiap fraksi DPR dan kelompok DPD berhak mengajukan satu nama. Dan sekarang mereka semua menyerahkan daftar nama.

Hingga kini, dua nama menguat sebagai kandidat kursi panas MPR-1, yakni Bambang Soesatyo atau karib disapa Bamsoet dari Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. Bamsoet mendapat mandat dari Ketum Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi Ketua MPR, dan Muzani juga mendapat mandat yang sama dari Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Bamsoet vs Muzani, Permainan Logika Menuju Kursi Panas MPR-1

Sementara untuk calon terkuat sepertinya mengerucut ke Bamsoet, karena dalam proses lobi-lobi yang dilakukan Golkar, akhirnya berhasil menjamin suara kelompok DPD RI dan semua fraksi DPR untuk melabuhkan suara bagi mantan Ketua DPR RI tersebut sebagai Ketua MPR.

Sedangkan Ahmad Muzani dan Partai Gerindra? Sudah ditinggalkan koalisinya. Jika Bamsoet berhasil maju sebagai MPR-1, sama saja ia cuma 'pindah kursi' saja. Dari Ketua DPR RI ke kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Dan dengan keadaan koalisi yang sudah berat sebelah, apakah harus memberi selamat kepada Bamsoet sejak awal? Ataukah ada kejutan dari Muzani?

Pantauan terbaru, sidang paripurna MPR sedang diskorsing akibat terlalu banyak interupsi dari peserta. 

Pimpinan sementara MPR, Abdul Wahab Dalimunthe, membuka rapat pukul 19.40 WIB. Namun, paripurna kemudian diskors sekitar pukul 20.05 WIB.

"Rapat diskors hingga 20.50 WIB," kata Abdul Wahab.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00