• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jakgrosir, untuk Menyetarakan Harga Daratan dan Kepulauan

22 September
20:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengakui Jakgrosir adalah bagian dari perintah Gubernur DKI untuk menyetarakan harga antara daratan dengan kepulauan.

“Pola ini pola yang sangat sistemik kemudian kita bisa melihat warung-warung itu perlu dibantu dengan stok atau back up stok yang memang sudah terjaga jadi pemerintah yang kemudian didistribusikan lewat pasar Jaya ingin memastikan warung-warung yang ada di kepulauan seribu ini bisa disiapkan sehingga mereka yang nantinya menjual kembali barang-barang pokok yang ada di Jakgrosir ini kepada mereka dan kemudian mereka bisa menjual kepada konsumen secara langsung itu harganya akan lebih kompetitif,” jelasnya kepada awak media, Minggu (22/9/2019).

Selain itu dengan adanya Jakgrosir itu, harapannya adalah para pedagang juga dimohonkan untuk tidak menjual harga yang tinggi karena harga di Jakgrosir sendiri sudah pasti sama dengan Jakarta.

“Kemudian kami akan melakukan monitoring evaluasi berkala sehingga kita kemudian bisa menjaga antara stok dan kemudian harganya seperti yang diharapkan oleh kita semuanya,” terangnya.

“Jadi ini Alhamdullilah bisa dibuka karena memang tidak mudah tetapi ternyata mungkin untuk kemudian direalisasikan di kepulauan seribu ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ketika pihaknya menemukan harga yang lebih tinggi sebenarnya ada hukum dagang yang memang berlaku di masyarkat, jadi ada mekanisme pasar dengan monitoring evaluasi.

“Kita juga memberikan penyampaian pesan ini untuk memastikan mereka berdagang tidak melebihi keuntungan di luar dari apa yang sudah mereka dapatkan yang kedua akan ada sedikit kemudian sanksi yang pertama misalkan kalau itu memang dikasih periode kalau sebulan mereka belum bisa melakukan itu kita sementara akan tahan dulu, supaya mereka tidak bisa belanja dulu sehingga kemudian sanksi-sanksi ini bisa membuat mereka nantinya mereka bisa memastikan keuntungan jualan yang memang sewajarnya,” tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00