• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Tembus Asap Tebal Riau, Pesawat Kepresidenan RI-001 Landing Mulus

16 September
20:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Malam ini, menembus kabut asap pekat akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Pesawat Kepresidenan RI-001 "Indonesia One" yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan mendarat mulus di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019). 

Akibat bencana kabut asap yang sudah genting di Provinsi Riau, Kepala Negara langsung memutuskan untuk turun langsung mengunjungi Kota Pekanbaru guna meninjau kondisi kabut asap dan penanganan Karhutla di Riau.

Pesawat jenis Boeing 737-800 Business Jet tersebut landing tanpa kurang suatu apapun, hingga akhirnya Presiden Jokowi dan rombongan turun dari pesawat kemudian bergegas menuju penginapan sekaligus tempat pertemuan awal dengan Gubernur Riau beserta jajarannya.

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Kepala Negara dijadwalkan berada di sana hingga Selasa, 17 September 2019, dan akan memeriksa langsung seperti apa sebenarnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi, serta ikut mengetahui atau saling berbagi cara penanganan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR), Basuki Hadimuljono dan Badan Restorasi Gambut akan mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Pekanbaru, Riau.

BACA JUGA: Asap Karhutla Semakin Gawat, Presiden Jokowi Bertolak ke Riau

Sementara itu, BMKG Pekanbaru hari ini juga merilis bahwa terjadi penurunan jumlah titik panas di Riau. Namun akibat kebakaran lahan, menyisakan asap pekat. 

Jumlah titik panas yang terdeteksi di Riau hanya 45 lokasi pada level confidence 70 persen. Jumlah ini tentu jauh berkurang dibanding beberapa hari sebelumnya yang ada di atas angka 150 hotspot.

Sebaran 45 titik panas itu berada di Kampar 2 hotspot, Dumai 3 hotspot, Pelalawan 7 hotspot, Rohil 23 hotspot, Inhul 6 titik panas, Inhu 1 titik panas, Kuansing 2 hotspot, dan terakhir Bengkalis dengan 1 titik panas.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sudah menyiapkan langkah untuk menangani karhutla. PUPR bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut dalam hal rehabilitasi gambut, sedangkan PUPR membantu membuat saluran air.

"Sekarang ini kan ada badan rehabilitasi gambut itu sebetulnya dan rehabilitasi gambut yang menjadi leading organisasinya. Kami mendukungnya jadi tinggal bikin saluran. Mereka bikin, kami juga bikin," ujar Basuki.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00