• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Koperasi Terampil Jaya Lestarikan 'Sego Ampok', Kuliner Lokal Masyarakat Kediri

11 July
15:17 2018
1 Votes (5)

KBRN, Kediri : Untuk mengenalkan kekayaan kuliner lokal, para anggota Koperasi Pemasaran Terampil Jaya, asal Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri berupaya menyajikan Sego Ampok atau nasi jagung sebagai produk unggulan mereka.

Khususnya saat mereka memamerkan produknya dalam Agenda Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri Tahun 2018, yang digelar 8-14 Juli ini, di kawasan Simpang Lima Gumul/ SLG Kediri.

"Kami membawa berbagai macam produk dari UMKM yang bergabung dalam Koperasi Pemasaran Terampil Jaya. Mulai dari makanan dan minuman, kami sajikan dengan harga terjangkau," kata Kunik, salah satu anggota Koperasi Pemasaran Terampil Jaya, yang ditemui saat menjual Sego Ampok, di kawasan SLG Kediri, Rabu (11/7/2018).

Dia mengaku, penjualannya di stan tersebut selalu laris manis. Bahkan saat pertama kali membuka stan di Pekan Budaya dan Pariwisata ini, hingga sekarang banyak konsumen yang berdatangan membeli Sego Ampok dan produk lainnya. Hal ini karena olahan makanan yang dijual ini disajikan berbeda, serta penuh inovasi.

"Meskipun anggota koperasi yang berjaga di stan ini dijadwalkan bergiliran, tapi kami selalu ramah dan penuh senyum saat melayani konsumen," katanya.

Terlebih lagi, produk yang dijual memang ditawarkan dengan kelengkapan bumbu dan makanan pendukung lain. Mulai dari aneka sayur, tumis daun pepaya, urap-urap, botok, ikan asin, dan ada pula sayur lodeh daun melinjo yang jarang dijual oleh pedagang lain.

Bahkan dari sisi harga, pihaknya berani bersaing dengan penjual lainnya. Lantaran dengan harga sekitar Rp 8.000 per porsi, maka setiap pembeli bisa menikmati kuliner khas pedesaan, dengan ditemani berbagai minuman khas daerah.

Selain itu, bagi mereka yang memilih makan di tempat maka tiap konsumen ini bisa langsung mencicipi makanan dengan duduk lesehan di stan pameran, yang sudah disulap seperti warung makan tempo dulu.

Untuk diketahui, Koperasi Pemasaran Terampil Jaya pada saat ini beranggotakan 50 pelaku UMKM asal Kecamatan Kayen Kidul dan diyakini telah berhasil meningkatkan ekonomi anggotanya. Mereka ini bergerak di berbagai bidang usaha, misalnya saja konveksi produk makanan, minuman, dan juga lainnya. (ac/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00