• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Simposium Robot di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

11 July
11:13 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta: Dalam dunia industri, keberadaan robot memegang peran penting untuk membantu manusia, sehingga manusia tidak perlu lagi melakukan kegiatan atau pekerjaan yang beresiko fatal bagi kelangsungan hidupnya.

Hal itu dikemukakan Whidi Krisna Kusuma dari PT ABB Sakti Industri, yang menjadi narasumber dalam acara Siposioum Robot di rangkaian kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2018 di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (10/7/2018).

Meskipun robot berperan penting dalam dunia industri, Whidi menekankan bahwa  Indonesia belum mendesak memiliki riset dan pengembangan industri robot sendiri.

“Robot di Indonesia itu sudah ada sejak tahun ’94, dan itu dimaintenance oleh negara tetangga, belum saatnya Indonesia memiliki riset mengembangkan robot,” jelasnya, Selasa (10/7/2018).

Sementara itu dari kalangan perguruan tinggi, DR Wahidin Wahab dari Universitas Indonesia yang juga Ketua Tim Yuri KRI Nasional 2018 mengatakan, anak muda di Indonesia memiliki potensi mengembangkan robot.

Meski begitu, untuk memasuki industri Indonesia masih dihadapkan dengan tantangan yang berat terutama persaingan dengan negara-negara yang memiliki industri robot yang lebih maju.

Lebih lanjut, Doktor Wahidin Wahab menyatakan, untuk sementara peluang Indonesia baru pada pengembangan aplikasi.

“Bikin robot itu mudah, hal yang sulit adalah pengembangannya. Itu justru menjadi peluang bagi kita, dan kita siap untuk mengembangkan tetapi aplikasinya,” kata Wahidin Wahab. (MUN/YYW/NYP).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00