• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Bika Gazuni, Oleh-oleh Baru Khas Kota Gunungsitoli

11 July
11:12 2018
1 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli: Menjawab tantangan menjadikan Kota Gunungsitoli sebagai Kota Kreatif, sejumlah anak muda bereksplorasi menciptakan kuliner baru yang ditargetkan dapat menjadi oleh-oleh khas dari Kota Gunungsitoli.

Noniawati Telaumbanua Kabid Perindustrian dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli yang diwawancara RRI mengatakan ia senantiasa mengajak anak-anak muda untuk kreatif dengan mencoba hal-hal baru, salah satunya dengan menciptakan Biga atau Bika Gazuni.

Bersama seorang anak muda bernama Seni Karyawati Laia, Noni panggilan akrabnya mulai mencoba formulasi yang tepat untuk menghasilkan sebuah kue bika bercita rasa local dan menggunakan bahan-bahan local yang asli kepulauan Nias.

“ Saat itu saya ajak 2 anak muda, tapi hanya Seni yang berani menjawab tantangan saya, sejak itu kami pun mulai ekperimen resep”, tutur Noni Rabu (11/07/2018).

Berkat kerja keras dan pantang menyerah, mereka berdua pun akhirnyaa menemukan resep yang tepat hingga menghasilkan sebuah bika yang dinamakan Biga Atau Bika Gazuni yang memiliki rasa yang enak dan tidak bikin eneg atau asönö dalam bahasa Nias. Gazuni artinya Sarang Madu//

Sejak diperkenalkan pertama kalinya di media social respon masyarakat terhadap produk ini sangat positif, yang sudah mencicipi tidak segan memberikan testimony tentang enaknya Biga, pesanan pun terus mengalir dan membawa Biga melanglangbuana keluar kepulauan Nias hingga ke Jakarta.

Bagi Noni kehadiran Biga semakin memperkaya kuliner di Kota Gunungsitoli dan menjadi alternative bagi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh khas kota Gunungsitoli.

“Maunya kita ada sesuatu yang baru yang bisa ditemukan di Pusat Jajanan dan Kuliner kota Gunungsitoli, ga itu-itu saja”, harapnya.

Biga yang belum bisa diproduksi secara massal ini dapat dipesan langsung kepada produsennya atau order di Pusat Jajanan dan Kuliner kota Gunungsitoli di eks Pasar Gomo. Selain Biga, ada juga Permen Santan atau Gulo-gulo Faro yang dibungkus dengan kertas minyak warna warni dengan harga Rp.30 ribu isi 50 biji(IND/NYP)


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00