• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Si Jago Merah Hanguskan 7 Toko dan 5 Lapak di Pasar Sagalaherang Subang

14 June
05:00 2018
0 Votes (0)

KBRN, Subang : Pada H-2 Lebaran, tepatnya hari Rabu (13/6/2018) malam sekitar pukul 20.05 WIB, sejumlah toko dan lapak Pasar Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, ludes dilalap si jago merah.

Menurut keterangan para saksi mata di lokasi kejadian perkara, api muncul dari salah satu toko bahan bangunan milik Utang, kemudian api menjalar ke bangunan lainnya, seperti toko kelontong dan lapak milik para pedagang. Beruntung, sebagian besar toko dan lapak milik pedagang lainnyan masih bisa terselamatkan karena tertolong oleh armada Pemadam Kebakaran dari Purwakarta dan Subang.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (DPKPBD) Kabupaten Subang, H. Hidayat, membenarkan adanya kebakaran yang melanda Pasar Serangpanjang tersebut.

Hidayat mengungkapkan, api yang menghanguskan 7 buah toko dan 5 lapak itu, baru bisa dipadamkan 20 menit kemudian, oleh 4 unit armada Pemadam Kebakaran, 1 unit armada Pemadam Kebakaran bantuan dari Pemkab Purwakarta, 3 unit armada Damkar dari Mako Damkar Kabupaten Subang.

"Api dapat Kita padamkan setelah 25 menit, dengan mengerahkan 4 unit armada Damkar, dari Pemkab Purwakarta dan Subang," ujar H. Hidayat kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Rabu (13/6/2018) malam.

Sementara itu, penyebab dari kebakaran itu kata Hidayat, diperkirakan dari adanya hubungan arus pendek, dari toko bahan bangunan milik Utang. Beruntung, tidak ada korban jiwa karena pada saat kejadian toko dan lapak itu dalam kondisi kosong karena sudah ditinggalkan para pemiliknya sejak sore hari. Namun, kerugian materi yang dialami para pemilik toko dan lapak diperkirakan mencapi Rp300 juta.

"Penyebab kebakaran, diduga dari adanya konsleting listrik, dari toko bahan bangunan milik saudara Utang, karena di toko bahan bangunan itu banyak yang barang yang mudah terbakar seperti spirtus, cat dan lain sebagainya. Kemudian ke toko lainnya yang kebetulan berdekatan dengan toko plastik, sehingga api pun dengan cepat menjelar dan membakar toko-toko lainnya dan 5 unit lapak lainnya," jelasnya.

Untuk tindakkan selanjutnya, lanjut Hidayat, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim, terkait penanganan paska kebakaran tersebut. (RE/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00