• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Ramadhan

Sambut Lebaran, 885 Mahasiswa Indonesia di Mesir Terima Zakat

14 June
01:36 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kairo : Sebanyak 885 mahasiswa Indonesia di Kairo, Mesir, menerima zakat jelang hari raya Idul Fitri 1439 H. Pembagian zakat bagi mahasiswa merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh Panitia Ramadhan yang merupakan gabungan dari unsur KBRI Kairo dan mahasiswa Indonesia di Mesir.

Masing-masing mustahiq (penerima zakat) menerima zakat sebesar 120 EGP atau setara dengan Rp.93 ribu. Zakat, infaq, sadaqah dan fidyah yang dihimpun panitia zakat disalurkan melalui 17 perkumpulan kedaerahan yang ada di Kairo. 

Salah seorang mahasiswa, Andika, mengaku bersyukur mendapatkan zakat yang dianggap dapat sedikit membantu mencukupi kebutuhannya selama hidup diperantauan. mahasiswa asal Sumatera Barat ini berencana untuk menggunakan dana yang diterimanya untuk keperluan dalam menempuh pendidikan di perkuliahan.

"Ini sudah dua kali saya terima zakat selama dua tahun disini. Uangnya akan saya tabung untuk beli diktat ditahun ajaran baru nanti," ujar Andika usai menerima zakat di Kantor Konsuler KBRI Kairo dikawasan Nasr City, Kairo, Rabu (13/6/2018) sore waktu setempat.

Sementara bagi mahasiswa lainnya, zakat yang diterima dianggap sebagai Tunjangan Hari Raya (THR). Setelah usai menjalani ujian, sebagian mahasiswa pergi ke suatu tempat untuk berlibur dan menyegarkan pikiran.

"Sebagian untuk beli kitab, sebagiannya lagi disisihkan untuk modal liburan saat libur lebaran. Ini kan usai ujian. Insyaallah cukup," ungkap Jihan Maimunah, mahasiswi rantau di Mesir asal Jambi.

Jumlah penerima zakat di Mesir mengalami kenaikan signifikan dalam satu tahun terakhir. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah mustahiq naik 35,5 persen dari tahun 2017 yang berjumlah 653 orang. 

"Perpindahan sejumlah staf KBRI Kairo ke negara lain ikut berkontribusi dalam penurunan zakat yang terkumpul. Selain itu, sejumlah keluarga WNI menyalurkan zakat ke tanah air," jelas Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy.

Dana zakat yang berhasil dihimpun panitia zakat mencapai EGP 124.988 (hampir setara dengan Rp. 97.745.000). Dana ini dikumpulkan dari 1.875 muzakki (pemberi zakat). Dibandingkan dengan tahun 2017, nominal zakat yang dikumpulkan ini turun 13,5 persen dari tahun 2017 yang mencapai EGP 143.759.

Lebih lanjut, dirinya mengakui banyak mahasiswa di Mesir tidak mendapatkan bantuan dana pendidikan dari Indonesia. Oleh karena itu, KBRI Kairo menghimpun dana beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang berasal dari infaq dan shadaqah WNI di Mesir.

“Tentu saja perhatian lebih dari penyedia beasiswa di tanah air sangat diperlukan untuk membantu meringankan problem mahasiswa kita di sini,” urai Dubes Helmy usai kegiatan. 

Dubes Helmy berharap, semangat berbagi antar sesama ini dapat terus dipertahankan, tidak hanya di bulan Ramadan. “Tentunya, semoga zakat yang telah dikeluarkan dapat menyempurnakan ibadah puasa dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dan kepada para mustahiq, semoga zakat yang diterima ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (RA/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00