• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Erupsi Gunung Agung Tak Ganggu Aktivitas Warga Karangasem

13 June
21:00 2018
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar : Gunung  Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, ujung timur Bali pada tanggal 13 Juni 2018 pukul 11:05 WITA mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 12 detik.

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga).

Pihak PVMBG Wahyu Ardi Setiawan dalam laporannya menjelaskan, dengan status level III tersebut, PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya, yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung.

"Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru," ucapnya.

Pihak PVMBG juga meminta masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Sementara, Sekretaris Pasebaya Agung Suara Arsana yang merupakan kumpulan masyarakat dari 28 desa yang terdekat dengan Gunung Agung menjelaskan, erupsi Gunung Agung kali ini tidak mengganggu aktivitas warga di 28 desa tersebut.

"Dampaknya untuk 28 desa sampai saat ini tidak ada. Hanya aktivitas warga dilarang beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung mengingat aktivitas Gunung yang masih fluktuatif," ucapnya.

Suara Arsana menambahkan, masyarakat saat ini semakin tangguh dan siaga dengan info-info dari Pemerintah dan Pasebaya terkait aktivitas vulkanik Gunung Agung tersebut. (NNK/HF)

  • Tentang Penulis

    Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00