• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

MUI Bengkulu Tak Larang Takbir Keliling Kota Gunakan Kendaraan

13 June
18:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Meski sebelumnya pihak Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu menghimbau dalam merayakan kemenangan pada malam takbiran nanti di larang untuk keliling kota, namun Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bengkulu, justru tidak mempermasalahkannya.

“Dalam merayakan hari kemenangan malam takbiran tidak masalah jika ingin melakukan takbiran dengan pawai keliling dengan kendaraan, asalkan bisa menjaga tata tertibnya, dan tidak menganggu ketertiban umum kemacetan lalu lintas,” ungkap Sekretaris Umum MUI Provinsi Bengkulu Dani Hamdani, di Bengkulu.

Dikatakan, jika memang ada larangan dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu itu, juga tidak menyalahinya, karena dkhawatirkan nantinya menganggu ketertiban umum.

Tetapi dalam ajaran agama, diakuinya tidak ada larangan secara khusus untuk melakukan takbiran dengan menggelar pawai kelilingdan diperbolehkan tapi pertimbangannya terkait keamanannya.

“Tidak ada larangan khususnya, tapi tetap harus mengedepankan keselamatan,” imbuhnya, Rabu, (13/6/2018).

Sementara itu, sebelumnya himbauan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Bustasar menyatakan, untuk takbir keliling agar tidak melakukan dengan pawai keliling apalagi menggunakan kendaraan.

Tetapi lebih dianjurkan melaksanakan takbiran ditempat-tempat ibadah saja, seperti mesjid, di langgar tempat pengajian.

“Himbauan kita tujuannya untuk menghindari kecelakaan, dan lain sebagainya,” pungkasnya. (rep/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00