• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Lembaga Pengiriman Uang di Malaysia Telah Bertansformasi Menjadi Layanan Perbankan

13 June
18:34 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kuala Lumpur : Seringkali TKI bepergian ke luar Malaysia dengan membawa uang yang cukup banyak. Hal ini tentunya sangat rentan menjadikan TKI tersebut sebagai korban criminal, atau pemerasan oknum. 

Dan untuk mengatasi kasus kasus tersebut, beberapa bank nasional di Indonesia, bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dan Malaysia, membuka beberapa perwakilan yang dapat memberikan layanan transfer ke Indonesia. 

Ifa, salah seorang petugas administrasi jasa pengiriman uang di Chow Kit kepada RRI Rabu (13/06/18) mengatakan, saat ini, penyedia jasa pengiriman uang sudah melebarkan sayapnya dengan menyediakan layanan tabungan bagi TKI.

"Kami melakukan ini untuk menolong saudara kita yang sudah lama ada disini, selalu mengirimkan uang mereka dan tidak punya rekening. Jadi pemerintah buat seperti ini agar mereka ada tabungan," tutur Ifa  

Ifa, yang juga merupakan WNI asal Jawa Timur menuturkan, jelang Hari Raya Idul Fitri kali ini, kiosnya ramai dikunjungi oleh TKI yang ingin mengirimkan uang ke kampung halaman. Dalam satu hari menurut Ifa, ada lebih dari 50 orang melakukan transaksi, dengan nilai minimal yang dapat dilayani adalah minimal 50 Ringgit Malaysia atau setara 100 ribu rupiah, dan paling besar yakni 50 ribu ringgit, atau setara 100 juta rupiah. (TH/HF)

  • Tentang Penulis

    Tomo Hakim

    Presenter dan Reporter Pro 3 RRI yang menjadi penggemar Liverpool FC #YNWA

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00