• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

78 Orang Unsur Panwascam Ikuti Bimtek Pengawasan Pungut Hitung Suara Pilkada Sumedang

13 June
18:04 2018
1 Votes (5)

KBRN, Sumedang : Guna meningkatkan pemahaman  dalam pelaksanaan pengawasan dan penanganan pelanggaran pada tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara, Sebanyak 78 orang Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Sumedang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Gubernur/Wakil Gubenur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati (Pilbup) di Jatinangor, Rabu (13/6/2018).

Ketua Panwaslu Kabupaten Sumedang, Dadang Priyatana, didampingi Kepala Sekretariat, Nurhayat menngatakan, kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan Pengawasan ditingkat Kecamatan untuk menyambut Pilkada yang akan digelar pada Rabu 27 Juni nanti.

"Ada beberapa orang pemateri dari unsur Panwaskab Sumedang, di antaranya Divisi Pencegahan Hubungan antar Lembaga (PHL) dan Haidar Ustman, Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) Ade Sunarya, serta Kepala Sekretariat Nurhayat," jelasnya kepada RRI.

Menurut Dadang, melalui Bimtek itu diharapkan, para peserta memahami terkait ketentuan peraturan perundangan-undangan mengenai Pemungutan dan Penghitungan Suara, memahami pula mekanisme dan prosedur penanganan pelanggaran Pemungutan dan Penghitungan Suara.

"Selain itu, tugas mereka harus mendata dan mendiskusikan masalah-masalah yang berpotensi sebagai pelanggaran dalam Pemungutan dan Penghitungan Suara serta menemukan solusi pencegahan maupun penindakan, Juga harus menyampaikan penjelasan terkait sistem pelaporan online Pilkada Tahun 2018.

"Dan mereka pun harus menyampaikan penjelasan teknis penggunaan alat kerja pengawasan sub tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara kepada Panwaslu Kabupaten/Kota," pungkasnya. (AD/HF/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00