• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Ikan Bumbu Rajang, Kuliner Lombok, Menu Favorit Keluarga

13 June
15:22 2018
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Ikan Bumbu Rajang salah satu  jenis masakan ikan dengan racikan bumbu-bumbu yang rasanya di jamin enak.

Bagi warga Lombok, menikmati Ikan Bumbu Rajang ini biasanya disajikan bersama-sama dengan nasi hangat.

Serasa santapan kita kian “sempurna”, setelah makan diakhiri dengan minum “Cendol Daluman” atau “Selendang Bidadari”, dua jenis minuman khas Lombok yang berbahan dasar dari daun Daluman, sejenis tanaman merambat yang banyak digunakan warga untuk obat panas dalam, atau sariawan.

Tidak banyak restaurant atau warung makan di Lombok yang menyediakan menu makanan Ikan Bumbu Rajang, Cendol Daluman, dan Selendang Bidadari ini.

Satu diantaranya yang secara khusus menjual adalah “Lesehan Kebon Radja” yang terletak di Jalan Raya Ireng, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.

Lesehan atau restaurant yang terletak tepat di pinggiran Sungai Meninting ini memang khusus menyediakan menu masakan khas Lombok. Tidak hanya itu, aneka menu masakan nusantara, Asia, bahkan Eropa juga tersedia, tergantung pesanan.

“Ikan Bumbu Rajang ini merupakan menu makanan favorit bagi keluarga di Lombok. Rasanya yang kaya bumbu, dengan kuah santan yang gurih, cocok dinikmati kapan saja, baik untuk makan pagi, siang, atau malam,” kata H. Tahrir, pemilik Lesehan Kebon Radja, Rabu (13/6/2018) siang.

Cara pembuatannya sangat sederhana, dan tidak terlalu lama, sambung H. Tahrir.

Selain itu, bumbu-bumbunya juga mudah didapatkan, dan bahan ikan bisa menggunakan ikan tawar maupun ikan laut, bahkan ayam, bebek, atau lainnya, tergantung kesukaan.

“Namun untuk resep pembuatan Ikan Bumbu Rajang kali ini, kami akan menggunakan ikan tawar, yaitu ikan Nila yang kini banyak dibudidayakan oleh masyarakat di pulau Lombok,” ujar Ibu Sri, tukang masak (chef) Lesehan Kebon Radja.

Bahan-bahan untuk membuat Ikan Bumbu Rajang yaitu, 2 ekor ikan Nila dengan berat masing-masing sekitar 0,5 kg, dipotong menjadi beberapa bagian, 2 lembar daun salam, lengkuas 3 cm di keprek, 5 butir bawang merah di iris tipis, dan santan (air perasan kelapa) 250 ml, minyak goreng, garam, dan gula secukupnya. Kemudian untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 5 siung bawang putih, 7 buah cabai merah dibuang bijinya, kunyit 3 cm, dan 3 buah tomat.

“Cara memasaknya, tumis bawang merah dengan minyak goreng hingga kekuningan. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan hingga berbau harum. Lalu masukkan potongan ikan Nila, dan tumis kembali hingga meresap bumbunya. Setelah itu masukkan santan, daun salam, lengkuas, dan masak dengan api kecil hingga matang,” terang Ibu Sri.

Berikutnya untuk pembuatan minuman Cendol Daluman dan Selendang Bidadari juga tidak terlalu sulit. “Ambil daun daluman secukupnya, haluskan, dan peras bersama dengan air. Air perasan daun daluman itu kemudian diendapkan, dan endapan itulah yang kemudian di sebut dengan Cendol, atau Cincau,” jelas Ibu Sri.

“Untuk membuat minuman Cendol Daluman, campurkan cendol dengan sirup gula merah (gula jawa), santan, dan berikan es diatasnya. Sedangkan untuk membuat minuman Selendang Bidadari, cendol dicampur dengan sirup (biasanya berwarna merah), susu, dan sprite (soft drink), serta berikan es di atasnya,” terang Ibu Sri.

Berapa harganya? “Jangan takut, menikmati tiga menu khas Lombok ini di Lesehan Kebon Radja tidak terlalu mahal. Untuk 1 porsi Ikan Bumbu Rajang (ikan Nila) harganya hanya Rp.35.000, Cendol Daluman Rp.10.000, dan Selendang Bidadari Rp.17.500. Sedangkan untuk sepiring nasi hangat harganya cuma Rp.6000,” pungkas Tahrir.(ZA/EVIE)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Jubir KPK: Pemda di Malang Raya Tak Serius Cegah Korupsi

00:00:00 / 00:00:00