• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Bakpia, Camilan Jogja yang Melegenda

12 June
21:17 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Tak lengkap rasanya jika ke Jogja tidak membeli bakpia, seperti sayur tanpa garam. Itulah tampaknya yang tersirat dalam benak para pemudik atau pelancong saat berkunjung atau pulang kampung halaman di Yogyakarta. 

Di saat-saat seperti musim libur Lebaran atau arus mudik dan balik seperti sekarang ini, pusat-pusat jajanan, khususnya toko oleh-oleh selalu ramai oleh pembeli dengan plat mobil dari luar DIY, seperti Bandung, Bogor, Jakarta, Surabaya, bahkan Lampung dan lain sebagainya. 

Saat mudik ke Yogyakarta memang tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan tradisional khas kota budaya ini, yaitu bakpia yang legitmanis dan bergizi. 

Camilan  berbentuk bulat pipih ini terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang atau oven, sehingga menciptakan citarasa yang sangat khas. 

“Rasanya khas sekali, sekali makan jadi ingin mengulang lagi, makanya saya membeli banyak untuk dimakan bersama keluarga,” kata salah seorang pemudik asal Jakarta, Sofia, saat ditemui RRI di Sentra Bakpia di kawasan Pathuk Yogyakarta, Selasa (12/6/2018)

Ia juga mengaku membeli bakpia dalam jumlah banyak karena terkesan dengan rasa bakpia yang khas. Saat ini Bakpia Pathuk sudah menjadi salah satu makanan ringan sekaligus oleh-oleh khas dari Yogyakarta.  

Bakpia sesungguhnya adalah produk akulturasi budaya Tiongkok dan Jawa. Di Tiongkok kue ini bernama "Tou Luk Pia" yang artinya adalah kue pia, di negara asalnya bakpia berukuran lebih besar, berisikan daging yang diolah, sementara Bakpia Pathuk berisi kumbu yang terbuat dari kacang hijau. 

Meski begitu, rasa khas bakpia tetap saja 'ngangeni' lidah, apalagi ini varian isinya cukup banyak dengan rasa selera konsumen, seperti aneka buah-buahan, sehingga nama bakpia pun telah melegenda di dunia pariwisata Jogja.

Sentra kawasan bakpia Pathuk seperti tahun-tahun sebelumnya, akan semakin dipadati pemudik saat mendekati usai lebaran, yakni saat pemudik kembali ke perantauan dengan membawa oleh2 bakpia sebagai buah rangan. (fet/yyw/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00