• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Pengusaha Telur Asin di Sidoarjo Ramai Permintaan Pada Ramadhan

11 June
10:01 2018
2 Votes (3.5)

KBRN, Surabaya : Bulan ramadhan membawa berkah bagi para pedagang, salah satunya adalah pedagang telur asin rasa rasa. Seperti usaha telur asin warga Sidoarjo, yang mengaku mengalami kenaikan omset hingga dua kali lipat para Ramadhan.

Yuly Ruantinah, salah satu pengusaha telur asin dengan merk i-B3ST di Sidoarjo mengatakan, jika pada bulan bulan biasa, penjualan telur asin mencapai omset Rp 20 juta, namun bulan ramadhan ini bisa mencapai Rp 30 juta.

"Lumayan meningkat, biasanya 20 juta lebih, bisa 30an juta ramadhan ini," katanya kepada RRI Surabaya, Senin (11/6/2018).

Usaha telur asin rasa rasa milik Yuly ini termasuk dalam Industri Kecil Menengah (IKM) yang cukup berkembang di Kabupaten Sidoarjo, bahkan telah berhasil menembus pangsa pasar supermarket, atau pasar modern.

"Telur asin rasa sudah masuk seluruh Superindo Jatim," ceritanya.

Selain produksi telur asin rasa, Yuly juga sedang mengembangkan produk keripik ikan patin. Saat ini untuk keripik atau kerupuk ikan patin masih belum menembus pasar modern, karena menunggu sertifikasi dari pihak terkait.

"Untuk patinnya belum, soalnya masih nuggu dari perikanan keluar sertifikat dan PIRT," imbuhnya.

Peningkatan jumlah permintaan untuk telur asin rasa, kata Yuly tidak hanya datang dari supermarket tetapi juga dari permintaan masyarakat, yang diakuinya untuk oleh olehmudik ke kampung halaman.

"Meningkat, bikin oleh oleh kan sama orang orang," tambahnya.

Diakui Yuly, untuk telur asin rasa, pangsa pasar masih di seputar Jawa Timur. Hal itu dilakukan demi menjaga kualitas, karena jika keluar Jatim dikhawatirkan ada kerusakan. Dirinya tidak menutup kesempatan untuk bisa menjual keluar Jatim, bahkan luar negeri.

"Kita mau, tapi kondisinya harus telor asinnya gak mateng, mentah. Jadi kuningnya taruh di freeser, dia baru bisa tahan lama satu bulan gak apa apa," terangnya. 

Telur asin rasa yang diperdagangkan Yuly ada empat varian, yakni rasa original, rasa ikan salmon, rasa udang dan rasa kepiting. (Anik/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Sempat Terkendala Teknis, Kepala BKN Pantau Tes CPNS di Malang

00:00:00 / 00:00:00