• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Berburu Selimut “Milky Way” di Kawah Ijen

4 June
17:22 2018
1 Votes (5)

KBRN, Banyuwangi : Pernahkah Anda traveling ke sebuah tempat yang jauh dari kota, kemudian melihat langit pada malam hari dan kemudian melihat banyak bintang yang disertai kabut putih tipis. Itulah milky way atau dalam bahasa kita adalah Bima Sakti.

Pemandangan ini bisa dijumpai di mana saja asal tidak terkena polusi cahaya, salah satunya di sepanjang perjalanan menuju ke Kawah Ijen Banyuwangi. Tentu bonus yang ditawarkan oleh Pegunungan Ijen tersebut bisa anda dapatkan tanpa bantuan lensa kamera alias dengan mata telanjang.

Syarat utama untuk mampu melihat dan memotret milky way adalah saat malam hari. Anda tidak akan bisa mengambil foto milky way saat siang hari, karena cahaya matahari jauh lebih kuat,’’ jelas Irul Siahaan, pegiat alam asal Kabupaten Sumenep, Senin (4/6/2018).

Irul melanjutkan syarat kedua adalah ketiadaan bulan, sinar bulan terutama saat Purnama akan membuat milkyway akan sangat sulit untuk terlihat. Carilah saat fase bulan mati, sehingga sepanjang malam tidak menjumpai sinar bulan. Saat inilah langit akan bebas dari cahaya bulan, kemudian cahaya milky way dapat disaksikan dengan jelas.

“Milky way sendiri merupakan salah satu bonus, dikarenakan di Kawah Ijen ada beberapa sajian alam yang sudah menunggu anda untuk dinikmati. Diantaranya blue fire yang hanya terjadi di dua tempat di dunia, yakni di Kawah Ijen dan Islandia. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Blue Fire atau api biru sejatinya merupakan hasil reaksi dari gas bumi yang bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu,’’ tambahnya.

Bagi anda yang ingin menikmati blue fire direkomendasikan untuk lebih berhati hati, sebab selain jalur yang terjal, Kawah Ijen sendiri merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia. Kawah ini memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi yaitu mendekati nol sehingga bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat. (FIN/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00