• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Umat Muslim Jalankan Puasa 16 Jam di Korea Selatan

20 May
13:55 2018
2 Votes (5)

KBRN, Seoul: Masyarakat Muslim Indonesia dan dunia menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan bertepatan dengan perubahan musim semi ke musim panas di Korea Selatan.

Hal tersebut menyebabkan durasi berpuasa lebih lama dibandingkan waktu di Indonesia.

Silvi Rianti Mahasiswa di Institut Teknologi Nasional Kumo menjelaskan tahun ini , umat muslim di Korea memiliki tantangan untuk melaksanakan puasa selama 16 jam, dengan waktu sahur pada pukul 3.00 pagi dan berbukan menjelang pukul 8.00 malam.

“Puasa di sini,  karena sudah masuk musim panas atau summer, jadi panas sekali sehingga cepat haus dan lebih lama puasanya, yaitu 16 jam,” jelas Silvi  kepada RRI Minggu (20/5/18.)

“Kita menjadi minoritas  harus terbuka pikiranya dan toleransi,  ketika banyak orang di sekitar kita makan dan minumseperti biasa,” tambahnya.

Selain itu,  untuk mahasiswa yang tinggal di asrama, mereka harus menyiasati banyak cara untuk mempersiapkan sahur dan ibadah shalat tarawih.

“Saya tinggal di asrama, dapurnya hanya buka sampai pukul 12 malam, jadi kita harus pintar-pintar mensiasati waktu masak untuk sahur. Untuk tarawih walaupun di Kota Gumi ada masjid tapi sangat jauh dari kampus. Jadi kita pinjam tempat di kampus,” tutupnya.

Pemerintah Korea Selatan memperkirakan saat ini,  150 ribu Muslim hidup di Korea Selatan, baik warga asli maupun warga negara lain yang tinggal di Korea.

Statistik terakhir menyebutkan, sebanyak 30 persen dari jumlah tersebut adalah warga Korea asli.

Sementara itu, imigran Muslim rata-rata merupakan warga asing dari negara-negara Arab dan Timur Tengah secara umum.

(Gambar: Andika Respati). (AT/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00