• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemkot Kediri Gelar OPM Ramadhan 2018 Stabilkan Harga

15 May
15:42 2018
3 Votes (5)

KBRN, Kediri :  Pemerintah Kota Kediri menggelar Operasi Pasar Murni Ramadhan 2018 di 3 kelurahan secara serentak, mulai tanggal 15 Mei hingga 7 Juni mendatang, guna menstabilkan harga jelang Ramadhan,

"Upaya ini bertujuan untuk menekan gejolak harga bahan pangan jelang Ramadhan. Dengan demikian, masyarakat Kediri akan mampu membeli beragam bahan pokok dengan harga yang wajar," kata Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Anton Edy. S, saat ditemui pada OPM Ramadhan 2018, di Balai Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, Selasa (15/5/2018).

Saat ini, ungkap dia, OPM tersebut digelar di 3 Balai Kelurahan sekaligus setiap harinya. Untuk tanggal 15 Mei ini, lokasi tepatnya antara lain di Kelurahan Banjarmlati, Kelurahan Blabak, dan Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri.

"Untuk mencegah pembeli nakal atau pengepul, kami melakukan pembatasan pembelian bagi setiap pembeli," ujarnya.

Pada Operasi Pasar ini, tambah dia, ada empat jenis bahan pangan yang ditawarkan dengan harga lebih rendah dibandingkan di pasaran. Beragam komoditas pangan ini antara lain beras, gula pasir, minyak goreng dan telur ayam ras.

Mengenai stok barangnya, Anton mengimbau, agar masyarakat tak perlu khawatir karena persediaan sembako ini dipastikan cukup. Yang mana untuk stok beras, pihaknya menyiapkan 150 paket beras ukuran kemasan 5 kilogram di tiap balai kelurahan.

Ada pula, kata dia, 500 kilogram gula pasir dan minyak goreng yang disediakan mencapai 32 dus atau setara sekitar 384 kemasan. Kemudian untuk stok telur ayam ras tersedia sebanyak 200 kilogram di tiap lokasi Operasi Pasar Murni Ramadhan.

Di lokasi ini, Suparti, salah satu konsumen sekaligus warga Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, mengemukakan, sangat senang bisa membeli bahan pokok dengan harga terjangkau di OPM Ramadhan tersebut.

"Awalnya,  saya mau beli empat jenis bahan pokok sekaligus. Tapi karena kesiangan datang ke OPM ini, jadi tidak bisa beli gula pasir dan minyak goreng, sebab barangnya sudah habis," katanya.

Sementara, lanjut dia, gula pasir dan minyak goreng merupakan bahan pangan yang sangat dibutuhkan olehnya, jelang Ramadhan ini. Salah satunya, untuk membuat Kue Apem sebagai pelengkap pada Tradisi Megengan pada Ramadhan 2018.

"Akhirnya, saya tadi hanya membeli telur ayam ras yang dijual Rp 21.000 per kilogram, sedangkan beras kemasan 5 kilogram dijual Rp 46.000 per paket," katanya. (Ac/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00