• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Di Mahulu Ada Air Terjun Langsung Jatuh ke Sungai Mahakam

10 May
16:49 2018
3 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Keindahan Wisata Alam Air Terjun, berpadu dengan Sungai Mahakam dan kondisi hutan yang masih hijau tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap mata yang melihat. Itulah salah satu pesona ciptaan tuhan yang dimiliki Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mahulu Kristina Tening kepada RRI Sendawar, Kamis (10/5/2018) menjelaskan, dari sisi keterjangkauan jarak, kurang lebih terdapat 14 titik air terjun yang bisa dinikmati melewati jalur perlintasan sungai mahakam tepatnya di Kecamatan Long Pahangai.

Bahkan menurut-nya, di Kalimantan Timur, hanya Kabupaten Mahakam Ulu yang memiliki, air terjun langsung jatuh ke-Sungai Mahakam, berpadu langsung dengan wisata air (Arung Jeram) Riam Panjang dan Riam Haloq.

“Yang sangat tinggi itu air terjun Kenheq, kurang lebih 100 meter ketinggiannya, itu langsung jatuh di sungai mahakam, letaknya di riam panjang. Lalu juga ada tiga belas titik air terjun yang ada di Riam Haloq. Itu juga luar biasa, air terjunnya langsung ke Mahakam, sangat terjangkau, kalau pengunjung mau melihat tidak perlu jauh-jauh,”ungkapnya.

Itulah yang menurut-nya menjadi pesona tersendiri disamping keindahan sejumlah air terjun lainnya yang dimiliki didaratan tinggi maupun anak sungai di Kabupaten yang terletak di Wilayah Indonesia – Malaysia tersebut.

Agar diketahui, untuk menuju Kabupaten termuda di provinsi Kalimantan Tmur tersebut sangat mudah, melalui jalur transpotasi air Speed Boad, melintasi Sungai Mahakam dari Pelabuhan Tering Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menuju Ujoh Bilang Ibukota Kabupaten Mahulu kurang lebih 4 jam perjalanan.

Kemudian untuk menuju lokasi air terjun kenheq di Riam Panjang dan 13 titik air terjun lainnya di Riam Haloq, melanjutkan perjalanan kurang lebih 3 jam. (MCJ/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00