• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pakar: Inilah Penyebab Stunting pada Anak

20 April
19:38 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Secara umum Stunting itu adalah terjadinya gagal tumbuh, kemudian gangguan perkembangan dan terjadi gangguan metabolisme.

Kasubit penanggulangan masalah gizi Kementerian Kesehatan Dokter Marina Damayanti mengatakan Stunting itu adalah anak-anak dengan tinggi badan berdasarkan umur yang ada di bawah standar, dan anak-anak itu terlihat pendek daripada dalam umurnya.

Menurutnya Stunting itu yang terlihat adalah tinggi badan yang pendek. "Kalau dilihat dari penyebabnya, Stunting itu disebabkan oleh karena kurangnya asupan jangka waktu cukup lama, dan juga sering infeksi jadi biasanya anak Stunting itu selain pendek anak itu punya masalah makan dan menderita satu penyakit cukup lama yang berulang," ujarnya ketika berdialog dengan PRO 3 RRI, Jumat (20/4/2018).

Marina juga menjelaskan dimana anak yang kurang asupan makanan itu akan ada penurunan daya tahan tubuh. "Imunitasnya akan berkurang dan ini akan menyebabkan infeksi lebih cepat masuk kepada anak-anak yang kurang asupan tersebut," terangnya.

"Di sisi lain, anak yang sering infeksi itu akan mempengaruhi status gizinya, dan antara infeksi dan asupan makanan itu dua hal yang saling berkaitan." tambahnya.

Menurut Dokter Marina, pada masa kandungan, sudah ada gangguan, dimana pada semester 1 kurang asupan gizi, maka ini menyebabkan beresikonya si anak lahirnya kecil.

"Kemudian setelah dilahirkan dia tidak cukup asupan gizi dia tidak mendapat interpensi untuk membuat daya tahannya bagus, dia tidak mendapatkan imunisasi, tidak mendapat asupan yang baik, nah itu merupakan faktor resiko terjadinya gagal tumbuh anak," jelasnya. (KRY/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00