• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

KSAL Lapor Presiden akan Pensiun 1 Juni Mendatang

19 April
17:20 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa dirinya akan segera memasuki masa purna tugas pada 1 Juni mendatang. Terkait siapa sosok yang akan menggantikannya, Ade menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden.

Hal itu disampaikan Ade kepada wartawan di Istana usai bertemu Presiden pada Kamis (19/4/2018). 

"Saya menghadap presiden melaporkan kegiatan AL selama saya memimpin AL dan juga melaporkan bahwa 1 Juni saya akan purna tugas," Jelas Ade. 

Mengenai sosok yang akan menggantikannya, Ade menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden.

"(Pengganti KSAL) Tanya ke beliau," jawab Ade singkat. 

Ade pun menambahkan, tugas komando di AL kedepan melanjutkan pembinaan prajurit, pemeliharaan alutsista dan menjamin kesiapan operasional AL untuk mampu melaksanakan fungsi pertahanan negara di laut, serta membina intensitas kerja sama dengan semua instansi. 

"Angkatan Laut kan melanjutkan lah, itu MEMF yang kedua tentu saja pembinaan prajurit, pemeliharaan alutsista dan menjamin kesiapan operasional AL untuk mampu melaksanakan fungsi pertahanan negara di laut yang berikutnya adalah intensitas kerja sama dengan semua instansi, instansi itu penting karean jaman now tantangan cepat berubah, dan berikutnya modus-modus banyak bervariasi sekarang tapi Alhamdulillah selama saya memimpin bisa saya selesaikan. Itu menjadi tantangan ke depan, (kemudian soal) perbatasan, ZEE kemudian juga masalah illegal fishing, illegal mining, penyelundupan narkoba, penyelundupan TKI," ujar Ade.

Seperti diketahui, dalam rapat pimpinan TNI AL di Mabes Cilangkap pada akhir Januari lalu, Laksamana Ade Supandi sempat memberikan arahan dan juga bimbingan kepada para Laksamana Madya yang akan menggantikannya. Setidaknya ada lima calon pengganti Laksamana Ade, mereka adalah Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan Ashaf, Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Arie Soedewo, Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Letnan jenderal TNI (Mar) R.M. Trusono, dan Komandan Jenderal Akademi TNI Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji. (PR/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00