• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Tim Arkeolog Temukan Manik-manik dan Emas di Situs Nyi Subang Larang

18 April
20:21 2018
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Dalam Ekskavasi Tim Arkeologi Bandung Jawa Barat di Situs Nyi Subang Larang Desa Nangerang Kecamatan Binong Subang, menemukan berbagai barang berasal dari jaman pra sejarah.

Ketua Tim Arkeolog dari Arkeologi Bandung, Dr.Lutfi Yodri mengungkapkan, Tim berhasil menemukan puluhan manik manik berbagai bentuk, ukuran dan bahan berbeda, termasuk 15 di antaranya terbuat dari logam mulia atau emas, selain itu ada pula fragmen tembikar dan logam diperkirakan bagian dari senjata.

"Hasil sementara dari tiga hari ekskavasi disini sejak Kamis sampai dengan hari Sabtu pekan kemarin, ada temuan yang didapat pada saat ekskavasi, dan temuan tersebut bisa menambah data tentang kehidupan di era valiometalic. Benda-benda yang Kami temukan itu berupa manik manik dalam berbagai ukuran, dan bentuk, bahannya juga beda-beda seperti teracota, kaca, hingga logam mulia/emas. Khusus manik manik emas ada 15, yaitu 2 buah dikedalaman 40 centimeter dan 13 lagi dikedalaman 30 centimeter di bawah permukaan tanah," ungkap Dr Lutfi kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Rabu (18/4/2018).

Dikatakannya, proses penelitian yang dilakukan Tim-nya di lapangan berlangsung selama 10 hari sejak hari Kamis (12/4/2018) sampai dengan hari Minggu (22/4/2018) mendatang, ekskavasi tahun 2018 ini merupakn program yang dibiayai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang, dan Tim Aekeolog baru membuka dua kotak galian, yang rencana akan ditambah lagi, yang tujuannya untuk melengkapi temuan yang sudah ada terkait kehidupan di masa lalu, zaman purba di Subang. 

"Ekskavasi ini kan merupakan ekskavasi yang ketiga kalinya. Dulu pertama kali Kita lakukan pada tahun 2013 lalu, dibuka satu kotak galian dan pada tahun 2016 menggali lima kotak," jelasnya.

Lutfi memaparkan saat ini Tim Arkeolog baru bisa menarik alur kehidupan di masa lalu dari aspek manik-manik, apabila melihat ukuran manik manik yang ditemukan itu, bentuknya kecil kecil, sehingga dari temuan manik-manik tersebut, Tim Arkeolog untuk sementara bisa menyimulkan bahwa manik-manik itu menunjukkan pengetahuan dan teknologi di masa lalu itu sudah maju. "Artinya barang barang itu didatangkan, jadi kehidupan masa lalu di kawasan ini sudah punya kontak kemana mana. Soalnya manik manik yang ditemukan ada yang berasal dari abad 13, abad 100 hingga ada indikasi dari abad 900 sebelum masehi," tandas Lutfi. (RE/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00