• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Larangan Powerbank di Pesawat Demi Keselamatan

14 March
13:14 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Larangan membawa powerbank berdaya besar ke dalam pesawat menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, sebagai langkah keselamatan dalam penerbangan, merupakan aturan standar internasional yang harus dijalankan pemerintah Indonesia. Dimana dalam surat edaran keselamatan nomor 015 tahun 2018 yang ditetapkan Jumat (9/3/2018) maskapai domestik dan asing diinstruksikan menanyakan terkait powerbank kepada penumpang saat check-in. 

Budi Karya juga menyampaikan bahwa ini adalah regulasi yang disepakati di seluruh dunia dan tentunya untuk keamanan dan kenyamanan seluruh pihak akan dicarikan solusi terkait pengguna handphone. Budi juga berharap agar setiap penumpang nantinya bisa memahami kondisi sekarang ini karena bertujuan keamanan semua orang.

"Kita mengikuti international regulation jadi tidak kita kurangi dan tidak kita lebihi, bukankah kita ingin setara dengan seluruh negara-negara yang memiliki tingkat safety yang baik, apalagi Indonesia sudah mencapai suatu lompatan dari 100 sekian menajdi 55, jadi kta mengikuti international rule dan itu kita berlakukan, dan kita mengharapkan warga, memahami, dan kita carikan solusi untuk pengguna handphone tetap nyaman," ungkapnya kepada RRI, Rabu (14/3/2018).

Sebelumnya diketahui Direktur Jendral Perhubungan Udara, Kementrian Perhubungan, Agus Santoso, menerbitkan surat edaran keselamatan terkait ketentuan powerbank dan baterai lithium cadangan pada pesawat. Agus menekankan setiap maskapai harus memastikan powerbank yang dibawa harus ditempatkan pada bagasi kabin serta daya powerbank perjamnya tidak lebih 100watt/hour. peraturan ini muncul akibat kejadian baru-baru ini yaitu kebakaran karena meledaknya powerbank saat penerbangan di Cina. (ICP/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00