• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Nekat Curi Motor, Polisi Khitan Pelaku Bawah Umur

14 March
08:49 2018
0 Votes (0)

KBRN, Madiun: Kepolisian Sektor (Polsek) Manguharjo, Resor Madiun Kota memiliki cara tersendiri memperlakukan pelaku tindak kriminal dibawah umur. Bukan dengan kekerasan ataupun dijebloskan ke balik jeruji besi, polisi justru mengkhitankan pelaku.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Manguharjo, Ajun Komisaris Polisi Anis Heni Winarsih mengatakan, khitan sengaja dilakukan terhadap HU berusia 9 tahun 10 bulan warga Desa Bakur, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. HU merupakan pelaku pencurian empat sepeda motor, di 4 Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda di wilayah Kecamatan Manguharjo.

Empat TKP tersebut dua diantaranya di Kelurahan Winongo, Nambangan Lor dan Madiun Lor. Kasus tersebut terjadi tahun 2015-2016. Menurut AKP Anis, terobosan dengan mengkhitankan pelaku di bawah umur sengaja dilakukan sebagai pembelajaran, agar kasus serupa tidak kembali terulang.

Menurut AKP Anis, HU tidak dapat didiversi, karena sesuai Undang-Undang No. 11/2012 tentang sistem peradilan pidana anak, HU tidak dapat di diversi karena belum berusia 12 tahun.

“Banyak terobosan kreatif untuk proses penegakan hukum, karena membuat efek jera saja tidak cukup. Paradigmanya kan sudah berbeda, tantangan kedepan juga berbeda, kami mencoba memberi edukasi, sentuhan rasa kemanusiaan, sentuhan kasih sayang terhadap pelaku. Semoga ini diterima. Jadi kami mencoba, kami khitankan, dan alhamdulillah disambut baik oleh pelaku dan orang tuanya. Step by step lah,” ungkap AKP Anis, Rabu (14/3/2018).

Ia menjelaskan, setelah dikhitankan, tersangka HU dikirim ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Panti Asuhan Al Amin, Ponorogo. Tersangka akan dibina selama tiga bulan sebelum dikembalikan kepada keluarganya.

“Memang anak itu broken home, baca tulis saja ndak bisa,” tandasnya. (EW/ARN)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00