• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Imlek Fair di Kota Solo, Ditandai Pembagian 1.000 Nasi Pincuk Liwet

14 February
21:59 2018
16 Votes (5)

KBRN, Surakarta: Puncak acara Imlek Fair yang berlangsung di Benteng Vastenberg kota Solo sejak tanggal 11 Februari lalu, Rabu (14/2/2018) malam, berakhir dengan di tandai pembagian 1.000 pincuk nasi liwet.

Imlek Fair 2018 di ikuti sekitar 50 stand tenda yang berisi aneka kuliner dan kerajinan tangan, fashion show batik, pertunjukan Barongsai hingga shufa atau seni tulis kaligrafi aksara China.

Ketua bersama perayaan Imlek 2018 Sumartono mengataan perayaan imlek tidak hanya dirayakan warga Tionghoa, akan tetapi melibatkan seluruh warga Solo.

“Perayaan Imlek semakin menaikan posisi kota Solo dalam dunia pariwiata karena juga dirayakan warga di luar kota Solo,” ungkap Sumartono kepada RRI, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya, sekarang ini Imlek sudah menjadi destinasi wisata di kota Solo bahkan  nasional, karena itu panitia setiap tahun akan mengemas imlek sebaik mungkin dan mendukung kota Solo sebagai kota wisata dan budaya, dan salah satunya diadakan pembagian 1000 pincuk nasi liwet sebagai kearifan lokal.

“Ya, kami sengaja bagikan nasi pincul liwet yang merupakan salah satu makanan khas kota Solo. Pembagian nasi pincuk juga memberdayakan kearifan lokal,” cetusnya.

Sementara itu perayan tahun baru Imlek tahun ini di kota Solo tak akan lagi dimeriahkan dengan pesta kembang api seperti tahun  sebelumya.

“Acara pesta kembang api diganti dengan penyalaan lampu sorot warna wani di depan Klenteng Tien Kok Sie  di depan Pasar Gede Solo,” ungkap Sumartono.

Menurut dia, selain itu ada pemukulan drum dari puluhan drumer dari Gilang Romadhon Studio band Solo dan juga pertunjukan seni Barongsai. (Bahar/Edwi/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00