• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Ini Pantai Ramah Anak di Yogyakarta

14 February
21:50 2018
18 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta: Daerah Istimewa Yogyakarta memang kaya akan pantai-pantai indahnya, namun dari sekiaan deretan pantai yang ada, Pantai Sepanjang di Kabupaten Gunungkidul menjadi pantai ramah anak pertama di Yogyakarta. Layanan ini merupakan hasil kerja Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Sepanjang.

Koordinator Pokdarwis Pantai Sepanjang, Sutono kepada RRI, Rabu (14/2/2018) mengatakan, pantai ramah anak merupakan layanan khusus yang diberikan kepada anak-anak yang berlibur di kawasan pantai tersebut. 

“Saat menikmati keindahan laut anak-anak akan mendapat pengawasan dari anggota pokdarwis dalam rangka menjaga keselamatan anak dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut,” kata Sutono.

Menurutnya seluruh anak yang berkunjung di Pantai Sepanjang akan mendapat perhatian khusus dan mendapat penjagaan. Pantai ramah anak ini merupakan pengembangan adanya status Desa Kemadang sebagai desa ramah anak./ Penetapan ini diharapkan dapat memenuhi perhatian atas hak-ha anak.

Relawan yang tergabung dalam Pokdarwis tersebut, lanjut Sutono, ada sekitar 25 orang dimana setiap akhir pekan tiba mereka akan menyebar di kawasan Pantai Sepanjang yang memiliki luas sekitar 3 Ha. Para relawan yang bertugas akan mengawasi setiap aktifitas utamanya anak-anak.

“Untuk Pantai Sepanjang ini kami desain menjadi destinasi wisata ramah anak, artinya setiap wisatawan yang berkunjung membawa anak-anak itu, anak-anaknya bisa terlindungi dengan baik dari kecelakaan laut. Kami sudah bekerjasama dengan pemerintah desa dan Pokdarwis untuk bisa menjadi relawan mengawasi anak-anak yang bermain di laut,” tutur Sutono.

Terpisah, Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidu, Hary Sukmono, mengatakan pihaknya mengaku sangat mendukung adanya inovasi Pokdarwis Pantai Sepanjang. 

Dia berharap inovasi tersebut juga muncul di destinasi-destinasi yang lain, sehingga akan muncul relawan di bidang pariwisata. (WW/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00