• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Tak Puas Hasil Pilkada Massa Bentrok dengan Polisi

14 February
21:35 2018
0 Votes (0)

KBRN, Banjarnegara: Tidak puas dengan hasil Pilkada, sekelompok massa di Kabupaten Banjarnegara, Rabu (14/2/2018), mengamuk dan bentrok dengan petugas kepolisian.

Bentrok tidak dapat terhindarkan setelah pendukung salah satu calon gubernur, menuntut dilakukan pemungutan suara ulang, namun KPU setempat tidak mengakomodir.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia Ohei menjelaskan, kejadian bentrok massa dengan polisi hanyalah simulasi Sispam Kota yang yang digelar Polres Banjarnegara.

Kejadian ini berawal usai dilakukan penghitungan suara di salah satu TPS, pendukung salah satu pasangan calon gubernur di Banjarnegara, meminta untuk dilakukan pemungutan suara ulang, karena diduga telah terjadi kecurangan.

“Dalam Simulasi itu digambarkan, massa merebut kotak suara yang tengah dibawa kpps  ke kantor KPU, sehingga sempat terjadi kejar – kejaran di jalan raya, sebelum akhirnya pelaku perebutan kotak suara dapat diamankan petugas,” katanya.

Tidak terima temanya diamankan petugas, ratusan massa kemudian menggelar aksi unjuk rasa. Ratusan massa dari smipatisan pasangan calon gubernur ini marah dan mengamuk di depan kantor KPU setempat.

Bentrokpun tak dapat dihindarkan. Kebringasan masaa ini dilakukan dengan cara membakar fasilitas umum dan menyerang polisi dengan menggunakan batu.

Ratusan personil kepolisian di turunkan untuk mengendalikan dan menghalau maasa. Polisi juga melepas 2 anjing dan mobil water canon.

Setelah bentrok selama satu jam masapun berhasil di kendalikan, meski sejumlah petugas dan masa mengalami luka. Rangkaian kegiatan tersebut adalah bentuk simulasi penanganan pilkada ricuh yang dilakukan oleh Polres Banjarnegara.

“Simulasi digambarkan sedemikian rupa seperti bentrok beneran, hal ini untuk melatih anggota dalam pengendalian massa, jika terjadi kericuhan,” ungkapnya.

 Untuk pengamanan Pilkada serentak 2018 in, Polres Banjarnegara menerjunkan 4.338 personil gabungan, yang terdiri  anggota Polri, TNI, Satpol PP serta Linmas. (JKW/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00