• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Tema 40 Th IKAL: Demokrasi Sehat, Negara Kuat

14 February
19:22 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Agum Gumelar Selaku Ketua Umum IKAL akan mengangkat tema 40 Th IKAL dengan Demokrasi Sehat, Negara Kuat. ia menyatakan bahwa demokrasi sehat itu adalah dimana masyarakat semakin dewasa dalam berkehidupan demokrasi.

Menurut Agum Gumelar di Pro 3 RRI hari ini, Rabu (14/2/2018), “Demokrasi yang sehat itu demokrasi yang berkembang dimana masyarakat Indonesia semakin dewasa dalam berkehidupan demokrasi."

Dikatakannya IKAL sendiri harus bersikap netral dalam proses demokrasi dan berhak memilih siapa yang ingin dipilih jelang Pilkada nanti.

“Sebagai suatu kelembagaan IKAL itu harus bersikap netral dalam proses demokrasi tetapi sebagai inidividu mereka berhak memilih berbeda-beda, saya beri kebebasan, tidak ada masalah," ujarnya.

Menurutnya perbedaan memilih adalah soal biasa, ketika Pilkada selesai maka tidak ada lagi perbedaan di Negara Republik Indonesia.

Masyarakat punya pilhan masing-masing. perbedaan memilih soal biasa. Pilkada selesai maka tidak ada lagi perbedaan diantara kita semua. Hormati apapun yang menjadi keputusan demokrasi,” Imbuhnya.

Menjelang Pilkada ia meminta agar masyarakat jangan mudah terpengaruh oleh isu sara yang beredar, harus bersikap dewasa.

“Untuk masyakarat Indonesia di seluruh tanah air jangan menggunakan isu sara dalam kampanye, masyarakat harus bersikap dewasa dalam pemilihan ini jangan mudah terpengaruh,”

Dirinya menegaskan bahwa demokrasi harus berkembang dengan sehat dan harus mengikuti batasan yang harus diikuti.

“Kita ingin demokrasi di Indonesia berkembang secara sehat dan dibuat beberapa peraturan, harus ada batasan yang harus diikuti, taati norma demokrasi,” tutupnya. (TYS/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00