• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Habiskan Dana APBD Hampir 1,5 Miliar Teladan Tidak Lolos Verifikasi?

14 February
18:39 2018
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Proses pengerjaan renovasi Stadion Teladan Medan terus dikebut. Stadion yang bakal menjadi home base bagi tim PSMS di liga 1 musim 2018 ini, sejumlah fasilitas telah diperbaiki seperti toilet, ruang ganti pemain, bench pemain, score board, tribun penonton, lampu stadion, hingga rumput lapangan. Dari amatan RRI, Rabu (14/2/2018) siang, sejumlah pekerja melakukan penyiraman rumput lapangan.

Renovasi Stadion yang menghabiskan dana APBD Kota Medan 2017 hampir Rp 1,5 Miliar ini, memang kondisinya tampak lebih baik sebelum renovasi. Seperti tribun penonton yang kembali dipersolek dengan penambahan cat, taman bunga yang tampak tumbuh indah di setiap sisi pinggir lapangan. Termasuk seng atap tribun sudah diperbaiki, lampu stadion telah terpasang menyeluruh, penambahan pendingin ruangan (AC) di ruang ganti pemain dan wasit, serta ruangan ibadah salat di lantai 2 juga telah rampung.

Namun, yang dikhawatirkan saat ini adalah kondisi rumput Stadion yang masih belum tumbuh maksimal di seluruh sisi lapangan. Belum lagi permukaan lapangan masih terlihat belum rata. Begitu juga untuk papan score digital pengerjaannya belum rampung. Tribun penonton yang informasinya berkapasitas 20 ribu orang ini juga masih menggunakan kursi kayu panjang dan semen, tidak sesuai standar LIB yang mewajibkan harus kursi single sheet. Hanya tribun VIP saja yang sudah menerapkan kursi single sheet. Termasuk tingkat pencahayaan lampu Stadion yang belum terukur. Belum lagi rencana pemasangan shuttle ban juga belum terealisasi.

Sebelumnya Sekum PSMS Julius Raja optimis Stadion Teladan Medan bisa digunakan sebagai home base sejak putaran pertama liga 1. Diakui Julius, proses renovasi sudah mencapai 95 persen, dan pihak Pemko Medan hanya fokus pada pemadatan tanah lapangan.

“Tim verifikasi dari PT LIB akan melakukan verifikasi Stadion Teladan pada 25 Februari. Tapi, yang pasti kami optimis Teladan akan siap sebagai kandang utama PSMS di Liga 1,” ucap Julius.

Sebelumnya, pada verifikasi yang dilakukan pada 26 Januari lalu, tim verifikator PT LIB yang diketuai Surya Binanga dan Zumi menyebut Stadion Teladan belum layak digunakan sebagai tempat pertandingan liga 1. “Dari hasil hari ini memang masih banyak catatan yang harus dikebut secepatnya oleh PSMS. Misalnya, lapangan yang masih banyak pasir dan tentu saja belum layak untuk pertandingan,” ucap Surya.

Belum lagi untuk lampu penerangan, pihaknya menginginkan pencahayaan lampu Stadion harus mengacu pada regulasi AFC untuk kompetisi level utama minimal 800 lux. “Teladan sejauh ini cuma 225 Lux. Masih jauh sekali. Beberapa tiang masih ada yang mati lampunya. Kami tunggu update nya,” ujar Zumi.

Padahal, tanggal 25 Februari nanti tim verifikator dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) kembali datang untuk memverifikasi tahap akhir. Jika tidak lolos verifikasi, maka PSMS harus menjadi tim musafir di liga 1. (JS/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00