• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BPOM Aceh Sita Produk Kosmetik Ilegal yang Mengandung Merkuri

14 February
16:25 2018
0 Votes (0)

KBRN, Aceh Besar : Tim gabungan yang terdiri dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Aceh serta dinas kesehatan dan instansi terkait, Rabu (14/2/2018) melakukan operasi razia di pasar induk Lambaro, kabupaten Aceh Besar. Razia ini bertujuan untuk mengawasi dan menindak pelaku peredaran makanan yang mengandung zat berbahaya dan alat kosmetik illegal.

Dalam razia ini tim terbagi menjadi dua bagian, tim yang pertama melakukan razia terhadap pabrik mie dan tim lainya juga merazia tempat penjualan alat kosmetik.

Kepala BPOM Aceh Zulkifli mengatakan, dalam razia ini pihaknya tidak menemukan adanya zat berbahaya di dalam mie yang di produksi, namun demikian tim BPOM menemukan berbagai jenis produk kosmetik illegal yang mengandung zat berbahaya.  

Kosmetik illegal tersebut, sebut Zulkifli, tidak memiliki izin edar serta mengandung zat berbahaya seperti merkuri. Dalam razia ini petugas juga menyita jamu illegal yang juga mengandung zat berbahaya.

“Ternyata kita temukan kosmetik yang terindikasi mengandung merkuri dan tidak terdaftar BPOM, nah ini kita amankan dan kita kaji serta kita telaah. Kemudian juga kita temukan ada jamu yang masih banyak tupai jantan. Jamu tupai jantan ini menurut hasil uji BPOM mengandung zat berbahaya, mengandung zat obat kuat,” kata Zulkifli kepada wartawan.

Setelah dilakukan razia, kemudian produk kosmetik dan jamu illegal ini disita petugas yang kemudian dibawa ke kantor BPOM Aceh. Pihak BPOM juga memanggil pemilik serta penjual produk kosmetik dan jamu illegal untuk diperiksa dan dibina. (Mj/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00