• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Jelang Imlek 2569, Umat Thionghoa Lakukan Ritual Keagamaan

14 February
14:45 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Jelang malam puncak perayaan penyambutan tahun baru Imlek 2569 besok yang dipusatkan di rumah tempat peribadatan Klenteng See Hin Kiong, masyarakat Thionghoa di Kota Padang sejak beberapa hari yang lalu telah melaksanakan ritual peribadatan, baik di rumah masing-masing maupun di Klenteng See Hin Kiong.

Diantaranya, sembahyang para leluhur, dan pembersihan arca di Klenteng See Hin Kiong serta pemasangan ribuan lampu lampion atau Teng Long di sekitar Klenteng See Hin Kiong tersebut.

Sekretaris Klenteng See Hin Kiong Padang Fang, Rabu pagi (14/2/2018) mengatakan peribadatan tersebut dilakukan untuk para leluhur, hal tersebut sebagai wujud bakti keluarga leluhur yang masih hidup. 

DijelaskanFang, menjelang puncak malam tahun baru Imlek 2569, seluruh keluarga berkumpul untuk tradisi makan bersama jelang tahun baru dirumah masing-masing. 

Setelahitu beramai-ramai ke Klenteng See Hin Kiong untuk melaksanakan Thiam Hio, yakni sembahyang sujud syukur kehadirat Huang Tian Shang Di, Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan lindungan sepanjang tahun.

“Memang ummat thiongho telah melaksanakan ritual-ritual keagamaan jelang  malam puncak Tahun Baru Imlek 2569. Puncaknya nanti ummat bersama-sama ke Klenteng See Hin Kiong untuk Thiam Hio atau sembahyang sujud syukur, agar berkah sepanjang tahu,” ujar Fang.

Fang menambahkan, selain itu, sembahyang tersebut juga merupakan kesempatan untuk memanjatkan permohonan untuk mendapatkan berkat, lindungan, kesehatan dan rejeki di tahun baru. 

Sesudahitu, biasanya seluruh umat Thionghoa berkumpul sambil menunggu malam pergantian tahun. Momen itu biasanya ditandai dengan pemasangan kembang api.

Menurut Fang, tradisi tersebut merupakan simbol mengusir roh jahat dan hawa yang tidak baik. Memakai pakaian berwarnah merah adalah wujud manusia yang bergembira, berkat serta keberanian. 

Besok harinya yaitu pada hari pertama Tahun Baru Imlek 2569, tradisi dilanjutkan dengan silaturahmi saling mengunjungi antara kerabat dan saudara serta teman. Tahu baru Imlek lebih identik dengan tradisi menyiapkan kue keranjang dengan 12 jenis kue. 

Puncak dari perayaan Imlek 2569, akan digelar ritual keagamaan Cap Goh Meh pada hari ke 15 hari setelah penanggalan tahun baru Imlek. (AR/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00