• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Di Hari Nasional Republik Islam Iran, Iran Singgung Kerjasama Perangi Terorisme dengan Indonesia

13 February
16:21 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Musik bernuansa kesenian Iran, menambah kemeriahan perayaan ulang tahun ke 39 revolusi Islam dan Hari Nasional Republik Islam Iran, Senin malam (12/2/2018), yang berlangsung di salah satu hotel ternama di Kawasan Jakarta Pusat.

Malam itu duta besar Iran di Jakarta, Valiollah Mohammadi, tampak ramah menyambut para tetamu undangan yang sebagian besar merupakan para pejabat Indonesia dan para duta besar negara sahabat.

Momentum perayaan itupun dimanfaatkan Valiollah untuk menyampaikan sejumlah hal yang menjadi perhatian Iran. Salah satunya mengenai memerangi aksi terrorisme.

Menurut Valiollah, Iran mengajak Indonesia untuk semakin mengintensifkan diri, untuk bersama-sama memerangi aksi terorisme yang saat ini tidak hanya menjadi permasalahan kawasan tapi juga dunia internasional.

Dan kami sudah mengundang BNPT untuk bertemu kolega-koleganya di Iran dan berdiskusi konkrit soal ini. Terorisme merupakan persoalan intl untuk penanganannya dibutuhkan kerjasama kolektif yg kami tawarkan ke Indonesia dan internasional untuk mengatasinya dengan secara kolektif mengatasi terorisme di berbagai belahan dunia.”ujar Valiollah Mohammadi ketika ditemui tengah-tengah perayaan ulang tahun ke 39 revolusi Islam dan Hari Nasional Republik Islam Iran.

Ditambahkan Valiollah, sebagai negara yang berada dekat dengan kawasan rawan terorisme, Iran memiliki banyak pengalaman dalam menangani hal itu dan siap untuk dibagikan kepada Indonesia.

Keberadaan kami disana membuat kmai miliki pengalaman yang berharga dan kami siap bagikan pengalamami kami dengan Indonesia. Kami siap untuk memberantasnya bersama Indonesia dan Negara-negara lainnya,”tegasnya.

Menteri komunikasi dan informatika, Rudiantara, menyatakan,hubungan bilateral antara Indonesia dan Iran diharapkan dapat semakin kuat, pada momentum peringatan perayaan ulang tahun ke 39 revolusi Islam dan Hari Nasional Republik Islam Iran.

Termasuk, dengan kerjasama dibidang investasi misalnya.

Implementasi dari Joint Commission telah membuka peluang baru untuk kerjasama dibidang energi. Kedua negara juga perlu mempromosikan kerjasama untuk semakin memperkuat kerjasama komite yang ada,”papar Rudiantara.

Sementara, hubungan dan ikatan antara Iran dan Indonesia yang telah berusia 67 tahun selalu berlangsung damai dan telah mengalami perkembangan besar.

Kunjungan presiden dari kedua negara juga berhasil menciptakan kemajuan yang konstruktif dan memulai gerakan positif baru dalam hubungan bilateral.

Pada tahun lalu, telah dilakukan pertukaran delegasi politik, ekonomi, akademisi, budaya dan teknologi tingkat tinggi dan volume perdagangan bilateral telah mendapatkan dorongan yang luar biasa. (RM/DSy/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00