• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Denpom Cirebon Segel 7 Gudang Limbah Medis

13 January
23:37 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cirebon: Penanganan limbah medis di Kabupaten Cirebon, masih berlanjut. Pihak Denpom Cirebon, Sabtu (13/1/2018), dibantu Kodim 0620 dan Polres setempat, melakukan penyelegelan 7 gudang limbah medis.

Kegiatan itu sebagai bagian dari penyegelan yang sama oleh Penegakan Hukum Gakum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), beberapa waktu lalu.

Komandan Kodim 0620 Kabupaten Cirebon, Letkol Infantri Irwan Budiana mengatakan, jumlah gudang limbah medis yang telah disegel, total sebanyak 13 gudang dengan bahan limbah medis yang sudah diolah ataupun masih mentah.

“Total sudah ada 13 gudang limbah medis yang disegel. Kegiatan ini masih akan ditindaklanjuti oleh tim KLHK pada Senin tanggal 15 Januari akan ke lokasi,” ungkapnya kepada RRI.

Mengenai status oknum TNI, TS atas dugaan keterlibatan dalam penampungan limbah medis , menurut Letkol Infantri Irwan Budiana, saat ini status TS sudah tersangka sejak 2 minggu setelah penyelidikan.  Setelah bukti cukup, status yang bersangkutan sudah tersangka, kemudian menyelesaikan pemberkas untuk proses pengadilan militer nanti.

“Untuk saksi kita sudah periksa 35 orang, nanti sangkutan dengan warga sipil yang terlibat akan dilimpahkan ke kepolisian maupun ada yang ditangani khusus oleh KLHK bidang Gakum,” jelas Dandim. 

Ditambahkan, terkait dengan dugaan system kerja penampung limbah medis itu, diperkirakan dengan system plasma, yakni dengan banyak pengesub yang menyimpan limbah medis seperti selang infus , jarum suntik serta botol infus pada sejumlah gudang.

“Untuk status keterlibatan warga sipil yang terlibat akan diketahui sejauh mana dari penyelidikan. Jadi mereka bekerja dengan banyak pengesub atau berupa plasma dalam menyimpan limbah medis seperti selang infus, jarum suntik serta botol infus pada sejumlah gudang,” pungkasnya. (Yulianti/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00