• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kelelahan, Pengacara Belum Putuskan Langkah Hukum untuk Fredrick

13 January
22:36 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Pengacara dari Fredrich Yunadi, Sapriyanto Refa mengaku belum memutuskan langkah hukum untuk mantan pengacara Setya Novanto itu. Dia mengaku kelelahan usai mendampingi Fredrich yang kini ditahan di Rutan KPK.

“Kita belum memutuskan apa yang mau dilakukan. Saya lelah karena dari semalam, sejak penangkapan sampai siang tadi mendampingi diperiksa di KPK. Jadi lelah sekali dan belum sempat berfikir apa-apa. Senin atau Selasa, kita akan bertemu dengan Pak Fredrich lalu kita diskusikan langkah yang kita ambil,”  kata Refa dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Sabtu (13/1/2018).

Mengenai sidang etik Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Refa mengaku telah mengajukan permohonan sidang untuk memastikan apakah ada pelanggaran yang dilakukan oleh Fredrich dalam menjalankan tugasnya seperti tudingan dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

Fredrich dijerat dengan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Fredrich dianggap telah menghalangi proses penyidikan kasus Setya Novanto.

“Kami ada Komisi Pengawas Dewan Pimpinan Nasional Peradi yang tugasnya mengawasi para pengacara dalam melaksanakan tugas profesi. Dewan Kehormatan menyidangkan dan mengadili kalau ada advokat menyalahi aturan atau kode etik. Sanksi ada di Dewan Kehormatan. Kami sedang mengajukan ke Komisi Pengawasan untuk melakukan pemeriksaan apakah Fredrich melakukan pelanggaran kode etik atau tidak. Kami minta KPK, kami minta memeriksa apa ada pelanggaran kode etik. Tampaknya apa yang yang kami ajukan, tidak direspon begitu cepat dan dilakukan penangkapan,” tuturnya. (Sgd/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00