• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Disdukcapil Subang Mutakhirkan Data KK Guna Mengetahui Data Bersih Penduduk

13 January
19:44 2018
0 Votes (0)

KBRN, Subang: Untuk memvalidasi data jumlah penduduk di Kabupaten Subang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sejak tahun 2017, melakukan pemutakhiran data Kartu Keluarga (KK).

Karena menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Subang, H. Dadang Kurnianudin, dengan pemutakhiran data KK tersebut, pemutihan dan pembersihan data Penduduk yang pada akhirnya nanti bisa Kita ketahui secara pasti.
"Ya Kita sekarang sedang mencoba melakukan pemutakhiran data penduduk melalui pemutahiran data, yang sudah berjalan selama tahun 2017 lalu, dan tahun 2018, Kita juga sudah menyasar le Desa-desa dan Kelurahan," jelas H. Dadang kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Sabtu (13/1/2018).
Diungkapkan Dadang, adanya selisih jumlah wajib KTP 1.161.920 orang dengan jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang mencapai 1,2 juta orang, yang tentunyan persoalan ini harus segera diselesaikan oleh Disdukcapil, yaitu dengan cara melakukan pemutakhiran data KK tersebut.
"Dari selisih itu, nanti Kita akan bisa melihat memang ada selisih atau bahkan sebaliknya, ketika pemutakhiran KK itu sudah selesai dilakukan," tegasnya.
Sementara itu Dadang menyatakan, pemutakhiran data KK yang sudah dilakukannya di sepanjang tahun 2017 lalu, dari target 60 ribu KK, terealisasikan sebanyak 67.881 KK, dengan begitu pihaknya sudah mendapatkan data penduduk Subang yang terbaru sabanyak 271.524 jiwa, jika dirata-ratakan per KK itu ada empat jiwa, dan di tahun 2018 ini mudah-mudahan dengan adanya akselerasi pendataan yang dilakukan di tingkat Kecamatan sisanya sudah bisa diselesaikan dalam jangka waktu tidak kurang dari satu tahun. (RE/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00