• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Puluhan Ton Kayu Ilegal Diamankan Polres Nias

13 January
18:23 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Personil Kepolisian Resor Nias, menggagalkan upaya penyelundupan ratusan batang kayu ilegal. Kayu tersebut diduga hasil pembalakan liar yang akan dibawa keluar pulau Nias. 

"Kita menetapkan seorang tersangka pemilik kayu berinisial AM dan berikut barang bukti diamankan di Polres Nias," ujar Kepala Satuan Reskrim Polres Nias, AKP Hendrik Temaluru, Sabtu (13/1/2018).

AKP Hendrik menjelaskan, awalnya pihaknya melakukan patroli rutin di pelabuhan laut Gunungsitoli tepatnya dijalan Yossudarso Kel.Saombo Kec. Gunungsitoli Kota Gunungsitoli. 

Personil Sat Sabhara Polres Nias memantau 1 (satu) unit mobil barang jenis truk colt diesel warna kuning muda dengan No.Pol BB 8752 MC dengan muatan kayu gergajian jenis durian dan pisang. 

"Petugas melihat mobil ekspedisi berplat BB 8752 MC, bermuatan kayu dan pemeriksaan pun dilakukan," jelasnya.

"Petugas meminta agar menunjukkan dokumen resmi kayu. Tersangka tidak dapat menunjukkannya, hingga petugas mengamankan 10 ton lebih kayu jenis durian berbagai ukuran yang akan dikirim ke daratan Sumatera," tambahnya. 

Polisi kemudian, lanjut AKP Hendrik, memeriksa sopir truk yang membawa kayu-kayu itu hingga terungkap pemilik kayu. Saat diperiksa, tersangka mengaku kayu-kayu itu didapat secara ilegal dari hutan untuk selanjutnya dijual di Sibolga.

"Tersangka dijerat Undang-undang Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan, dengan acaman pidana penjara 5 tahun dan denda sebesar Rp. 2,5 milyar," katanya. (IJZ/AKS) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00